punch someone in the face

BAGAIMANA MERAWAT MUAY THAI GLOVES

Hai!

Pada artikel ini, kami akan memberi tips merawat Muay Thai gloves.
Gloves yang kamu pakai untuk berlatih Muay Thai pasti terkena keringat di bagian dalam maupun luar. Tahukah kamu jika keringat yang dibiarkan menempel pada gloves bisa memperpendek umur gloves?
Sayang kan, apalagi kalau kamu sudah bersusah payah menabung untuk membeli gloves impianmu yang harganya tidak murah. Selain itu, glovesmu akan berbau sangat tidak enak dan tidak nyaman untuk dipakai berlatih. Percaya deh, kamu akan segan untuk memakainya.
Jadi kali ini, kami ingin berbagi tips untuk merawat glovesmu.

Rekomendasi artikel: TIPS MEMILIH MUAY THAI GLOVES

PENYEBAB GLOVES BISA BERBAU TIDAK ENAK

Perlu kamu ketahui, setelah latihan Muay Thai yang membuatmu berkeringat banyak, glovesmu akan basah dan lembap terutama di bagian dalamnya. Kondisi lembap itu yang akan membuat bakteri dan jamur berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gloves berbau tidak enak. Selain baunya yang tidak enak, bakteri dan jamur itu bisa menimbulkan iritasi pada kulit tanganmu.

 

BISAKAH GLOVES DICUCI?

adidas washable gloves

Muay Thai gloves tidak bisa dicuci seperti kita mencuci pakaian. Banyak referensi di dunia maya yang menyebutkan bahwa salah satu merk besar, yaitu Adidas, mengeluarkan boxing gloves yang bisa dicuci. Tetapi, walaupun banyak yang menjualnya, saya sendiri belum pernah melihat gloves tersebut dipajang di website resmi Adidas.

Kami tidak menyarankan untuk mencuci gloves, apalagi menggunakan mesin cuci dan mesin pengering pakaian. Gloves yang dicuci akan sangat basah dan akan butuh berhari-hari untuk kering dengan sempurna. Sebelum glovesmu kering dengan sempurna, bakteri dan jamur akan lebih dulu berkembang biak. Selain itu, kulit gloves akan lebih cepat retak.

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

MERAWAT MUAY THAI GLOVES

Supaya awet dan tidak berbau tidak enak, kamu bisa merawat Muay Thai gloves dengan cara-cara sebagai berikut:

SELALU MEMAKAI HANDWRAPS BERSIH

Penting untuk dilakukan pada saat berlatih Muay Thai, sebelum memakai gloves, selalu pakai handwraps yang bersih. Handwraps akan menyerap sebagian besar keringatmu sehingga tidak menempel semuanya ke bagian dalam gloves. Jika kamu memakai handwraps yang kotor dan bau, sama saja kamu ‘menularkan’ bakteri ke dalam gloves.

Rekomendasi artikel: MEMILIH HANDWRAPS UNTUK MUAY THAI

Rekomendasi artikel: TIPS MERAWAT HANDWRAPS

SETELAH SELESAI LATIHAN

Jangan biarkan muay thai gloves yang basah terkena keringat tetap berada di dalam tas olahragamu setelah kamu selesai latihan. Sesampaimu di rumah, segera keluarkan dan angin-anginkan glovesmu sampai kering, terutama bagian dalamnya. Jika kamu memiliki alat pengering rambut dengan setelan angin dingin, kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan bagian dalam gloves. Tapi jangan sekali-kali menggunakan setingan angin panas karena akan merusak gloves.
Kamu juga bisa menyeka bagian luar dan dalam gloves menggunakan kain yang lembut, misalnya kain microfiber atau kain katun murni, sebelum mengangin-anginkan glovesmu. Berusahalah untuk mencapai bagian ujung-ujung jari (termasuk jempol) dan menyerap sebagian besar keringat yang ada di bagian dalam gloves.

MENDISINFEKTAN MUAY THAI GLOVES

antiseptik untuk merawat muay thai gloves

Setiap seminggu sekali, kamu bisa menyemprotkan cairan antiseptik khusus gloves secukupnya untuk mendisinfektan glovesmu. Cairan ini banyak dijual di online marketplace. Atau kamu bisa membuat sendiri dengan mencampur air distilasi dengan essential oil yang bersifat anti bakteri, misalnya tea tree, peppermint, eucalyptus, bergamot. Jika kamu membuat sendiri, buatlah dalam jumlah sedikit yang sekiranya bisa habis dalam waktu satu bulan.
Setelah menyemprotkan cairan tersebut, diamkan sebentar lalu seka dengan kain microfiber atau katun murni dan angin-anginkan sampai benar-benar kering. Kamu bisa menjemur glovesmu di bawah sinar matahari langsung maksimal selama 2 jam. Jika terlalu lama, kulit gloves akan cepat retak dan mengelupas.

MENYIMPAN MUAY THAI GLOVES

g;oves deodoriser merawat muay thai gloves

Simpanlah glovesmu di tempat yang benar-benar kering. Kamu bisa memasukkan penghilang bau (gloves deodoriser) ke dalam glovesmu selama disimpan.
Bisa juga menyumpal gloves dengan kertas koran. Cara lainnya supaya gloves beraroma harum adalah dengan menggunakan serutan kayu cendana, caranya adalah serutan kayu cendana dimasukkan ke dalam kaos kaki yang bersih dan diikat ujungnya lalu dimasukkan ke dalam gloves.
Tidak perlu menyimpan gloves di dalam freezer, seperti yang banyak disarankan oleh berbagai sumber. Suhu dingin tidak akan mematikan bakteri, hanya membuatnya ‘tidur’. Setelah kamu mengeluarkan gloves dari dalam freezer, bakteri akan segera aktif kembali jika kamu tidak rajin membersihkan gloves.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

Karena gloves butuh dirawat, jika kamu intensif latihan Muay Thai, ada baiknya kamu memiliki lebih dari satu pasang gloves untuk dipakai bergantian dengan yang sedang dibersihkan/dikeringkan.

Tidak sulit kan merawat Muay Thai gloves? Hanya butuh ketekunan supaya glovesmu bisa bertahan lama dan beraroma segar setiap kali kamu pakai berlatih.

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dimaksudkan sebagai nasihat secara medis. Selalu konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai dan artikel-artikel dari muaythaipros, title, muaythaicitizen, healthfully.

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

1 Response

Leave a Reply

WhatsApp chat