tips merawat handwraps

Hai! Setelah membeli dan memakai handwraps untuk Muay Thai, tentu handwraps tersebut perlu dirawat supaya lebih awet dan nyaman untuk kamu pakai saat berlatih Muay Thai. Tentu kamu tidak ingin berlatih dengan memakai handwraps yang berbau tidak enak, kan? Berikut tips merawat handwraps dari kami.

Kamu bisa mencuci handwraps dengan cara seperti biasa kamu mencuci pakaian. Tapi kami punya tips untukmu supaya tidak repot saat mencucinya dan handwrapsmu bisa lebih awet.

Rekomendasi artikel: MEMILIH HANDWRAPS UNTUK MUAY THAI.

APA SAJA TIPS MERAWAT HANDWRAPS?

Sekadar berbagi pengalaman, berikut ini adalah cara yang biasa kami lakukan untuk mencuci handwraps:

  • Tidak mencuci handwraps, walau hanya sepasang, bersamaan dengan pakaian lain.
  • Selalu mencuci handwraps dengan tangan.
  • Merendam handwraps menggunakan larutan hydrogen peroxide atau sodium percarbonate selama 30 menit (kadang 1 jam, tergantung situasi dan kondisi) lalu langsung mencucinya dengan sabun cuci (tanpa direndam lagi lebih dulu dengan sabun cuci).
  • Membilas sampai bersih menggunakan citric acid (sitrun) dan diberi pewangi cucian setelahnya.
  • Menjemur handwraps menggunakan rak handuk atau gantungan pakaian.

Berikut penjelasan dari cara tersebut dan beberapa tips merawat handwraps lainnya:

SETELAH SELESAI MEMAKAI HANDWRAPS

Jangan biarkan handwraps yang basah oleh keringat setelah latihan dalam keadaan tergulung dan tersimpan di dalam tasmu selama berhari-hari. Handwrapsmu bisa ditumbuhi jamur. Setelah selesai latihan, sesampai di rumah, segera angin-anginkan handwrapsmu. Setelah kering, kamu bisa menggulung kembali handwrapsmu dan memakainya lagi untuk latihan berikutnya atau sampai kamu sempat mencucinya.

CUCILAH HANDWRAPS MINIMAL SEMINGGU SEKALI

Jika kamu mengikuti latihan Muay Thai satu atau dua kali seminggu, sebaiknya cucilah handwrapsmu seminggu sekali. Atau jika kamu latihan lima kali seminggu, cucilah handwrapsmu setelah tiga kali latihan. Sebaiknya kamu memiliki beberapa pasang handwraps jika kamu intensif berlatih Muay Thai.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

KAITKAN VELCRO KE PASANGANNYA

tips merawat handwraps - kaitkan velcro
Fokus pada bagian Velcro, abaikan kucing lucunya 🙂

Jika kamu tidak melakukan ini, velcro akan menempel ke bagian kain handwraps atau kain pada pakaian lain yang dicuci bersamaan yang akan menjadikanmu sulit mencucinya dan bisa merusak kain.

JANGAN MEMAKAI PEMUTIH

Walaupun kamu membeli handwraps dengan warna putih, jangan mencucinya dengan menggunakan pemutih pakaian konvensional (bleach). Pemakaian pemutih akan merusak kain handwrapsmu dan membuatnya rapuh. Lebih baik merendamnya selama 30 menit dengan menggunakan larutan hydrogen peroxide 3%. Dan hanya lakukan jika memang handwrapsmu sangat kotor atau kamu ingin mendisinfektan handwrapsmu.

Caranya hydrogen peroxide 3% dicairkan lagi menggunakan air dengan perbandingan 1:3 (1 bagian hydrogen peroxide 3% dengan 3 bagian air). Ini untuk mendapatkan larutan hydrogen peroxide dengan konsentrasi 1%. Atau kamu bisa menggunakan Sodium Percarbonate (bentuk padat/butiran dari hydrogen peroxide) sebanyak setengah sendok teh yang dilarutkan dengan air secukupnya untuk mencuci 1 atau 2 pasang handwraps. Setelah direndam kurang lebih 30 menit, kamu bisa mencucinya memakai sabun.

Baik hydrogen peroxide maupun sodium percarbonate bisa kamu pakai untuk merendam apapun warna dan motif handwraps yang kamu miliki dan akan menghilangkan noda, bau, dan jamur dari handwrapsmu (jika kamu terlupa berhari-hari menyimpan handwrapsmu masih dalam keadaan masih basah setelah selesai latihan). Tetapi jangan menggunakan dalam jumlah berlebihan. Keduanya bisa kamu beli di toko bahan kimia atau di online marketplace.

Rekomendasi artikel: TIPS MEMILIH MUAY THAI GLOVES

Rekomendasi artikel: TIPS MERAWAT MUAY THAI GLOVES

BILAS SAMPAI BENAR-BENAR BERSIH DARI SABUN

Sisa sabun cuci atau deterjen pada handwraps (terutama untuk yang memiliki kulit sensitif) bisa membuat kulit tanganmu gatal-gatal saat bereaksi dengan keringat. Jika kamu mau, kamu bisa memakai sitrun atau citric acid secukupnya pada air bilasan terakhir untuk memastikan handwraps benar-benar bersih dari sabun. Kamu bisa menggunakan pewangi cucian setelahnya, jika ingin.
Sitrun atau citric acid bisa kamu beli di toko bahan kue, toko bahan kimia atau di online marketplace.

CATATAN PENTING: Selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakan bahan-bahan yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. Hydrogen peroxide 3%, Sodium Percarbonate, dan Citric Acid merupakan bahan kimia yang tergolong aman jika digunakan secara benar dengan takaran yang tidak berlebihan dan telah mendapatkan grade A dari Enviromental Working Group.

TIPS MERAWAT HANDWRAPS JIKA MENCUCI DENGAN MESIN CUCI

Image courtesy of wikiHow

Mencuci dengan mesin cuci adalah pilihan banyak orang saat ini. Jika kamu mencuci handwraps dengan mesin cuci, setelah mengaitkan velcronya, masukkan handwraps ke dalam kantung khusus untuk mencuci atau kantung jaring (mesh bag) yang kamu miliki. Tentunya kamu tidak ingin handwrapsmu saling membelit dengan pakaian lain yang kamu cuci bersamaan atau terselip dan membelit bagian dari mesin cuci.

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

MENGERINGKAN HANDWRAPS

Setelah selesai dicuci, gantungkan handwraps untuk mengeringkannya. Sebaiknya dikeringkan dengan cara diangin-angin saja,  bisa juga langsung di bawah sinar matahari, tetapi jangan terlalu lama jika sangat terik. Kain handwrapsmu akan lebih mudah menjadi rapuh karenanya. Jika kamu menggunakan mesin pengering, masukkan handwrapsmu ke mesin pengering dengan kantung cuci yang dipakai saat mencucinya dengan mesin cuci.

TIPS MERAWAT HANDWRAPS JIKA KAMU MENCUCI KE BINATU/LAUNDRY

Sekarang ini banyak sekali orang yang mencuci pakaian di binatu/laundry ‘kiloan’. Pesanlah kepada penerima order cuci, bahwa ada handwraps dalam tumpukan cucianmu. Jika perlu tunjukkan bentuknya dan kaitkan velcronya terlebih dahulu. Hal ini perlu kamu lakukan supaya handwrapsmu aman dan tidak dibuang karena dikira kain sampah yang tidak terpakai. Ya betul, hal ini pernah saya alami sendiri beberapa tahun yang lalu. Itu adalah saat pertama dan terakhir kalinya saya mencuci handwraps ke binatu. Namun jika kamu sangat-sangat sibuk sampai tidak sempat mencuci sendiri, laundry ‘kiloan’ mungkin pilihan terbaikmu dibandingkan tidak mencuci handwraps sama sekali.

Mudah-mudahan tips merawat handwraps dari kami ini cukup membantu. Jika kamu punya tips merawat handwraps, kami ingin mengetahuinya, jadi tinggalkan komentarmu di bawah ini ya.

Rekomendasi halaman: Frequently Asked Questions

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat