Hai! Memiliki gloves pribadi mungkin bukan prioritas utama saat kamu baru mulai latihan Muay Thai. Apalagi kamu bisa memakai gloves yang ada di camp tempat latihanmu. Tetapi jika kamu mempertimbangkan untuk memiliki gloves pribadi setelah beberapa saat mengikuti latihan Muay Thai, artikel ini bisa membantumu memilih Muay Thai gloves yang sesuai untukmu.

MUAY THAI GLOVES VS BOXING GLOVES

muay thai gloves membantu melindungi dari cidera tangan akibat tendangan

Apa bedanya Muay Thai gloves dengan Boxing gloves?
Perbedaan yang paling mendasar adalah Muay Thai gloves memiliki lebih banyak lapisan busa (foam padding) di bagian punggung tangan dibandingkan dengan Boxing gloves. Busa pelapis tersebut berfungsi untuk melindungi tangan dari benturan yang terjadi saat menahan (blocking) tendangan lawan.
Perbedaan lainnya adalah daerah bagian jari jempol boxing gloves kurang bisa membuatmu cekatan untuk melakukan clinch (plam) yang merupakan salah satu teknik penting pada Muay Thai.

Rekomendasi artikel: TIPS MERAWAT MUAY THAI GLOVES

BISAKAH MEMAKAI MMA GLOVES UNTUK LATIHAN MUAY THAI?

Kami tidak menyarankan untuk memakai MMA gloves saat latihan Muay Thai. MMA gloves tidak menutup seluruh jari tanganmu, yang secara tidak sengaja bisa berakibat adanya cakaran atau colokan pada mata pasangan latihanmu. MMA gloves juga tidak memiliki lapisan busa yang cukup tebal untuk melindungi tanganmu. Berat MMA gloves biasanya hanya 4 – 6 oz, yang tidak bisa memberimu perlindungan yang baik untuk latihan Muay Thai. Bahkan petarung profesional yang dikontrak UFC pun tidak memakai MMA gloves saat berlatih Muay Thai.

BAGAIMANA MEMILIH MUAY THAI GLOVES

HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH MUAY THAI GLOVES

KUALITAS

Belilah gloves yang terbuat dari kulit sapi asli, jika memungkinkan secara keuangan. Kulit sapi asli tidak mudah retak sehingga akan bertahan lebih lama untuk digunakan berlatih Muay Thai dibandingkan yang terbuat dari kulit sintetis. Selain itu, gloves yang bagus pasti akan memakai lapisan dari busa yang berkualitas bagus juga.
Letak tempat untuk jari jempol pada gloves juga berpengaruh besar. Jika letaknya tidak pas untukmu, bukan hanya kamu tidak akan nyaman saat memakai gloves tersebut, tetapi juga berpengaruh pada kualitas teknik pukulanmu dan yang paling parah bisa mencederai tulang metacarpal pada bagian pangkal jari jempol.

UKURAN

Ukuran gloves adalah beratnya dan dihitung menggunakan satuan ons (oz.). Secara umum, ukuran yang biasa dipakai di Indonesia adalah 10 – 16 oz. Jika beratmu lebih dari 90 kg, maka sebaiknya kamu menggunakan ukuran 14 atau 16 oz. Tetapi jika beratmu dibawah 90 kg, kamu bisa menggunakan ukuran 10 – 12 oz.
Tetapi jika kamu bertubuh dan bertangan mungil (seperti saya), kamu bisa menggunakan gloves dengan ukuran 8 oz. Ukuran di bawah 8 oz biasanya digunakan untuk anak-anak.
Standarnya, kamu harus bisa membentuk genggaman dengan tanganmu saat memakai gloves.

BENTUK
gloves merk top king

Salah satu faktor dalam memilih Muay Thai gloves adalah bentuknya, secara umum ada 2 macam, yang langsing memanjang dan yang lebih membulat.

Bentuk yang langsing memanjang biasanya bagian strap/lilitan di pergelangan tangan juga panjang, cocok untuk yang memiliki pergelangan tangan kecil atau lemah atau pernah cedera pergelangan tangan sebelumnya. Gloves dengan bentuk ini tidak memakan tempat terlalu besar di dalam tas. Contoh merk: Top King, Venum.

gloves merk fairtex


Bentuk yang lebih membulat biasanya lebih memberikan bantalan untuk melindungi tangan karena dengan bentuk seperti itu berarti lapisan busa akan lebih menumpuk. Secara pribadi, saya lebih menyukai gloves dengan bentuk yang membulat seperti ini. Contoh merk: Faritex, Twins.

VELCRO STRAP ATAU TALI
gloves tali

Supaya glovesmu tidak terlepas saat dipakai, ada sistem pengunci yang menggunakan velcro dan yang menggunakan tali. Untuk latihan, lebih praktis jika memakai gloves yang menggunakan velcro, kamu bisa memakai dan melepaskan gloves dengan lebih mudah tanpa perlu bantuan orang lain. Gloves yang menggunakan tali memerlukan orang lain untuk membantumu saat mengikat atau melepaskan ikatan talinya.
Biasanya gloves yang menggunakan tali dipakai untuk pertandingan/kompetisi.

ESTETIKA (TAMPILAN DESAIN/WARNA)
muay thai gloves dengan motif mawar
muay thai gloves dengan motif skull


Dulu, gloves hanya memiliki warna standar seperti merah, hitam dan biru, juga polos saja tanpa motif. Saat ini, desain warna dan motif gloves sudah sangat beragam. Biasanya gloves yang bermotif lebih mahal harganya dibandingkan yang polos. Desain motif dan warna sebenarnya hanya faktor tampilan saja, tetapi bisa menambah semangatmu untuk berlatih.

Belilah gloves yang pas dengan sempurna dan paling terasa nyaman untuk tanganmu. Jika kamu ragu, kamu bisa mencoba gloves yang ada di camp tempat latihanmu dan merasakan gloves dengan bentuk dan ukuran mana yang paling terasa pas dan nyaman kamu pakai saat latihan, lalu belilah gloves yang sama bentuk, ukuran dan merk. Karena walau ukuran (oz.) dan bentuk (tampak luar) sama tetapi tiap merk bisa saja berbeda bagian dalamnya (ruangan untuk tangan dan jari).

Memakai gloves tanpa handwraps bagaikan memakai sepatu tanpa kaus kaki saat lomba lari marathon, jadi baca juga artikel tentang memilih dan merawat handwraps ya!

BERAPA PASANG GLOVES YANG SEBAIKNYA DIMILIKI?

Untuk pemula, satu pasang gloves yang bisa digunakan baik untuk latihan (pad work, bag work) maupun sparring sudah cukup. Jika kamu memiliki dana lebih, bisa membeli 2 pasang gloves yang berbeda untuk latihan dan sparring. Perbedaan gloves untuk latihan dengan untuk sparring biasanya ada pada bentuk glovesnya. Gloves untuk sparring lebih menonjol di bagian buku jari telunjuk dan tengah. Selain itu biasanya untuk sparring menggunakan gloves yang lebih berat ukurannya, untuk alasan keamanan. Tetapi pada dasarnya untuk pemula dan jika kamu tidak berniat menjadi atlet, satu pasang gloves sudah cukup.

KAPAN SEBAIKNYA MENGGANTI GLOVES?

Saat kulit gloves sudah mulai retak-retak, jahitan pada gloves sudah ada yang terlepas, sudah tidak enak dipakai lagi atau lapisan busanya sudah menjadi lebih tipis, itulah saatnya kamu perlu mengganti glovesmu dengan yang baru. Jika kerusakan yang terjadi hanya bagian velcro yang sudah tidak menempel dengan baik, kamu masih bisa mengganti dengan velcro yang baru dengan catatan kamu bisa menemukan penjahit yang bisa menggantinya.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

REKOMENDASI MERK GLOVES BERDASARKAN PENGALAMAN KAMI

Dua merk Muay Thai gloves import yang menurut kami paling nyaman dipakai adalah Fairtex dan Twins. Untuk gloves lokal, dua merk yang menjadi rekomendasi kami adalah Syifa dan Kick, sangat bisa dipakai untuk latihan sehari-hari. Kelebihan yang paling menonjol dari gloves lokal ada pada harganya yang sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan merk import. Perbandingannya untuk gloves import harganya di atas 1 juta rupiah sedangkan untuk gloves lokal harganya ada di kisaran 350 – 500 ribu rupiah. Jadi jika kamu baru mulai berlatih, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli gloves lokal.
Sekali lagi, ini adalah pengalaman dan pendapat kami, jadi bisa saja berbeda untuk masing-masing orang.

Berikut beberapa merk gloves import dan lokal yang biasa digunakan untuk latihan Muay Thai. Harap diingat bahwa urutan penyebutan bukan merupakan urutan tingkat kualitas, harga, ataupun hal semacamnya.

MERK MUAY THAI GLOVES – IMPORT

berbagai merk muay thai gloves import

FAIRTEX

TWINS

YOKKAO

TOP KING

RAJA

WINDY

SANDEE

HAWKEYE

BOON

FIGHTER

VENUM

HAYABUSA

REEBOK

ADIDAS

MERK GLOVES – LOKAL

muay thai gloves lokal merk kick

KICK

SYIFA

PRIMA

YUNDA

Rekomendasi artikel: DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, kamu bisa menemukan gloves yang paling sesuai untukmu ya.

Sampai jumpa di camp!

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi terpercaya dan tidak dimaksudkan sebagai nasehat secara medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum memulai latihan fisik berat.
Bumi Muay Thai tidak menerima komisi atau pembayaran dalam bentuk apapun dari merk-merk yang disebutkan pada artikel ini.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai dan berbagai artikel dari situs muaythaipros, muaythaicitizen, aaptiv.

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

4 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat