Sudah mencoba MELATIH LOW KICK MUAY THAI UNTUK PEMULA? Jangan ketinggalan untuk melatih REAR LEG LOW KICK juga. Kami juga ingin berbagi tips dalam melatih low kick terutama untuk seorang pemula.

Nah supaya lebih lancar, ini dia beberapa tips melatih low kick untuk pemula berikut ini:

TIPS PERTAMA BERLATIH LOW KICK UNTUK PEMULA: SANTAI

Santai bukan lemas. Jangan kaku atau tegang yang akan membuatmu cepat lelah dan pegal. Bergeraklah dengan santai dan natural pada stance mu. Latih posisi stance dan footwork yang benar supaya tidak menghambat gerakan teknikmu.

POSISI LENGAN SAAT MELAKUKAN LOW KICK

tips low kick pemula
>> Pada sisi yang sama dengan kaki yang melakukan low kick:

Tangan diluruskan ke arah lawan dengan bahu agak dinaikkan untuk melindungi rahang. Setelah tendangan mengenai sasaran, arahkan tangan sedikit saja ke belakang untuk keseimbangan serta agar tidak menghalangi putaran low kick.

>> Pada sisi berlawanan dengan kaki yang melakukan low kick:

Tangan tetap dalam posisi melindungi rahang dan sebagian sisi wajah dekat telinga sebagai pertahanan dari serangan balik. Glove harus menempel pada pelipis untuk menghindari memukul kepala sendiri dari pantulan balik tangan saat menahan serangan.

TIPS LOW KICK UNTUK PEMULA BERIKUTNYA: BERLATIH SECARA SLOW DRILL

Berdasarkan pengalaman, saya selalu menekankan kepada siapapun (termasuk diri sendiri) pada saat mempelajari teknik baru untuk melakukan teknik tersebut secara lambat dan dengan gerakan yang benar dulu. Dengan demikian detail teknik yang dipelajari bisa benar-benar dipahami. Kekuatan dan kecepatan bisa dilatih dan akan mengikuti saat teknik sudah dipahami benar.

LATIHAN BERPASANGAN

Berguna untuk mengetahui sasaran low kick pada manusia, bukan hanya mengira-ngira pada sansak.

KAKI TUMPUAN

Cobalah melakukan low kick dengan kaki tumpuan berjinjit maupun tidak berjinjit dan lutut menekuk maupun tidak. Rasakan perbedaannya supaya kamu lebih memahami.

TIPS SETELAH MELAKUKAN LOW KICK

Biasakan kembali ke posisi stance awal. Jangan membelakangi sasaran low kick mu.

TIPS JIKA SUDAH MULAI LANCAR MELAKUKAN LOW KICK

Lakukan dengan putaran penuh sampai kembali ke arah stance semula.

Mudah-mudahan beberapa tips tersebut dapat membantumu melatih low kick. Jangan putus asa jika belum bisa atau lancar karena butuh waktu, usaha, dan niat yang keras untuk melakukan segala sesuatu sampai lancar.

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman pribadi penulis sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

  1. Internal Bumi Muay Thai
  2. Pengalaman pribadi penulis
About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

Leave a Reply

Artikel Terbaru

ADVERTISEMENT

YouTube Bumi Muay Thai