Pada artikel MELATIH LOW KICK MUAY THAI UNTUK PEMULA, teknik yang dibahas adalah teknik low kick menggunakan kaki yang posisinya di depan pada stance kita (lead leg low kick). Sekarang pada artikel ini akan dibahas mengenai rear leg low kick, yaitu low kick menggunakan kaki yang berada di posisi belakang pada stance kita yang biasanya merupakan kaki dominan.

Rear leg low kick biasanya lebih bertenaga dan berpotensi merusak karena dilakukan menggunakan kaki dominan. Biasanya rear leg low kick lebih mengandalkan tenaga serta momentum dibandingkan kecepatan walaupun sangat memungkinkan juga untuk bisa memiliki kecepatan tinggi.

Cara melatih rear leg low kick untuk pemula

Time needed: 1 hour.

Langkah-langkah melatih rear leg low kick:

  1. Langkah pertama

    Berdiri dengan melakukan stance menghadapi sasaran.

  2. Langkah kedua

    Pindahkan tumpuan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan sambil menyerongkan kaki depan ke arah luar dengan lutut sedikit menekuk.

  3. Langkah ketiga

    Angkat kaki belakang langsung dari pinggang dan putar pinggang hingga bagian tulang kering yang mengenai sasaran, pindahkan berat badanmu pada tenaga tendanganmu.
    Bagian atas tubuhmu menghadap serong 45° dari posisi awal dan tidak menekuk ke arah lawan di bagian pinggang yang menyebabkan posisi kepalamu dekat dengan lawan.

  4. Langkah keempat

    Posisi tangan sama seperti pada lead leg low kick, hanya dibalik saja sesuai posisi kaki mana yang melakukan tendangan.

  5. Langkah kelima

    Ulangi langkah-langkah tersebut sampai lancar dan coba untuk berlatih secara berpasangan.

Latihlah dengan gerakan perlahan (slow drill) lebih dulu untuk memahami langkah-langkahnya. Jangan lupa baca tips melatih low kick untuk pemula supaya latihanmu lebih baik lagi.

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman pribadi penulis sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

  1. Internal Bumi Muay Thai
  2. Pengalaman pribadi penulis
About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

Leave a Reply

Artikel Terbaru

ADVERTISEMENT

YouTube Bumi Muay Thai