PERTANYAAN SEPUTAR FAT LOSS

pertanyaan seputar fat loss
Featured image by unsplash-logoLouis Hansel @shotsoflouis

Hai! Pasti ada banyak pertanyaan seputar menurunkan berat badan (weight loss) atau lemak tubuh (fat loss). Beberapa pertanyaan itu akan kami bahas di sini.

Klik pada tanda ‘+’ di samping pertanyaan untuk melihat jawabannya.

Daftar pertanyaan seputar fat loss pada artikel ini kemungkinan akan bertambah, jadi kamu bisa melihat kembali artikel ini untuk melihat pertanyaan dan jawaban baru seputar fat loss yang ditambahkan nanti.

Selain pertanyaan seputar fat loss, kamu juga bisa membaca artikel-artikel kami mengenai nutrisi untuk mendukung pola makan sehat yang kamu jalani.


P:Bisakah 'kurus' hanya dengan latihan Muay Thai saja tanpa pusing mengatur pola makan dan asupan kalori?

J: Sayang sekali tidak bisa.

Kita ambil contoh kasus wanita imajinasi bernama Susi dengan TB 160 cm, BB 70 kg, umur 28 tahun, berlatih Muay Thai 2 kali per minggu selama kurang lebih 2 jam, dan tidak memiliki kegiatan olahraga lain.

Hasil perhitungan BMR 1.399 kalori, TDEE 2.020 kalori. Susi mengkonsumsi makanan 3.000 kalori setiap hari.
Kita hitung kalori masuk = 3.000 x 7 = 21.000 kalori per minggu.
Kalori keluar = TDEE x 7 = 2.020 x 7 = 14.140 kalori per minggu.
Selisih kalori masuk – kalori keluar = 21.000 – 14.140 = 6.860 kalori.

Masih ada kelebihan 6.860 kalori yang akan menumpuk menjadi lemak dalam tubuh.

Bahkan jika latihan Muay Thai setiap hari pun, TDEE yang didapat adalah 2.792 kalori, artinya tetap masih ada kelebihan kalori jika konsumsi harian 3.000 kalori.

Kesimpulannya, kamu tidak bisa ‘mengalahkan’ pola makan yang buruk dengan olahraga.

P:Bagaimana jika ingin weight loss (fat loss) lebih cepat tanpa mengurangi lagi porsi makan?

J: Jika kamu sudah melakukan pola makan sehat dengan defisit kalori, kamu bisa meningkatkan BMR mu dengan cara menambah porsi olahragamu misalnya menambah sesi latihan Muay Thai atau jogging setiap hari.

Atau jika jadwalmu tidak memungkinkan, bisa dengan berjalan kaki setiap saat yang memungkinkan.

Hal ini telah kami bahas pada artikel NEAT UNTUK DIET

P:Mengapa disebut fat loss dan weight loss? Apa bedanya?

J: Perbedaan weight loss dan fat loss bisa kamu baca pada artikel WEIGHT LOSS VS FAT LOSS

P:Mengapa berat badanku tidak bisa turun lagi padahal sisa sedikit lagi mencapai berat ideal?

J: Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini.

Kamu bisa membaca artikel TIPS PALING UTAMA UNTUK FAT LOSS dan NEAT UNTUK DIET untuk lebih jelasnya.

Atau bisa saja massa otot dan tulangmu bertambah karena olahraga yang kamu lakukan. Lihat pertanyaan dan jawaban terakhir pada daftar ini untuk penjelasannya.

P:Sudah mengurangi porsi makan tetapi masih juga gendut, kenapa ya?

J: Mengurangi porsi makan memang belum tentu bisa menurunkan berat badan jika total kalori dari porsi makan tersebut dalam sehari masih di atas total keluaran energi harianmu (TDEE).

Kamu bisa baca penjelasan lebih lanjut pada artikel MENGHITUNG KALORI.

P:Kalau mengurangi kalori, apa bisa kuat mengikuti latihan Muay Thai?

J: Tentu saja bisa. Semua kembali kepada pengaturan waktu makan, pemilihan makanan, kecukupan nutrisi makro dan mikro, dan kecukupan minum.

Jika mengurangi kalori tetapi kamu tetap makan makanan yang tidak sehat, maka kebutuhan nutrisi tubuhmu tidak akan tercukupi. Hal ini akan berpengaruh pada fungsi tubuh normal sehari-hari, bukan saja pada performa latihan.

P:Bisakah kurus dengan tidak mengkonsumsi lemak sama sekali?

J: Pertama, adalah hal yang tidak mungkin untuk tidak mengkonsumsi lemak sama sekali. Semua makanan mengandung lemak, yang berbeda adalah jumlah dan jenis lemaknya.

Kedua, kalaupun kamu bisa tidak mengkonsumsi lemak sama sekali (entah bagaimana caranya), tubuhmu tidak akan berfungsi dengan normal. Kesehatan fisik dan mentalmu akan terpengaruh secara buruk. Lemak adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi normal tubuh termasuk fungsi otak.

Saran kami, lebih baik konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, jangan konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan kalau mau membatasi asupan lemak tidak apa tetapi tidak lebih rendah dari 20% total rekomendasi asupan kalori harianmu. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi sebelum kamu memutuskan untuk mengeliminasi satu jenis nutrisi sama sekali dari makananmu.

Kamu bisa membaca artikel MENGENAL JENIS LEMAK untuk mengetahui jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi dan yang tidak.

P:Saya sudah mencoba berbagai macam diet untuk turun berat badan tapi kenapa tidak ada yang berhasil?

J: Keberhasilan diet bergantung pada masing-masing orang yang menjalani.

Berapa lama kamu menjalani satu jenis diet? Jika baru seminggu dan turun berat badan hanya 0,5 kg atau tidak turun sama sekali, lalu merasa bosan dan mengganti dengan jenis diet lain hanya untuk berakhir sama seperti diet-diet sebelumnya, sepertinya kamu tidak akan berhasil dengan diet jenis apapun.

Konsistensi dan kesabaran diperlukan untuk bisa menjalani pola makan yang sehat. Melakukan diet secara sembarangan bisa mengorbankan kesehatanmu.

P:Bisakah menurunkan berat badan hanya dengan minum 'pil pelangsing'? Kan banyak tuh beredar di pasaran.

J: Terus terang kami tidak tahu isi dari berbagai macam ‘pil pelangsing’ yang banyak beredar. Dan kami lebih memperhatikan segi keamanan dari efek mengkonsumsi ‘pil pelangsing’ semacam itu.

Jika yang dimaksud adalah suplementasi untuk ‘diet’ dalam artian pola makan sehat (bukan semata hanya untuk menurunkan berat badan), seperti misalnya suplemen protein atau BCAA, memang sudah diteliti walaupun hasilnya juga masih berbeda-beda.

Saran kami sekali lagi berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi yang benar jika ingin menggunakan suplemen atau obat apapun.

P:Benarkah wanita lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan pria?

J: Sebenarnya tidak juga. Berikut penjelasannya:

Kadar lemak tubuh pada wanita memang secara alami lebih tinggi daripada pria karena wanita memiliki payudara yang tumbuh lebih besar secara signifikan dibanding pria dan rahim. Jaringan tubuh pada payudara sebagian nesarnya merupakan lemak dan banyak lemak di sekitar rahim untuk melindunginya. Wanita yang memiliki kadar lemak tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi biasanya lebih sulit hamil.

Faktor hormon juga berpengaruh pada kadar lemak tubuh dan pertumbuhan otot. Karena itu, wanita tetap tidak akan memiliki massa otot lebih besar dari pria yang memiliki berat dan tinggi badan yang sepantar, walau menjalani porsi latihan dan pola makan yang sama.

Untuk menurunkan berat badan memang perlu mengikis kadar lemak tubuh terutama visceral fat. Hal ini berlaku sama, baik untuk wanita maupun pria. Penjelasan mengenai visceral fat bisa kamu baca pada artikel kami mengenai WEIGHT LOSS VS FAT LOSS.

Jadi pernyataan bahwa wanita lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan pria tidak 100% benar karena faktor-faktor tersebut. Memang berbeda antara wanita dan pria dalam komposisi tubuh sesuai dengan peran alaminya masing-masing.

P:Apakah semua kenaikan berat badan itu buruk dan penurunan berat badan itu baik?

J: Kita pisahkan dulu topiknya menjadi 2 yaitu a) kenaikan berat badan dan b) penurunan berat badan.

a) Kenaikan berat badan tidak selamanya buruk. Jika kamu berlatih olahraga dengan level sedang sampai berat, bisa jadi kamu malah akan mengalami kenaikan berat badan jika diukur secara timbangan berat. Tetapi jika diukur secara komposisi tubuh, kadar lemak tubuhmu turun. Mengapa bisa begitu? Karena yang menyebabkan kenaikan beratmu adalah massa otot dan tulang yang bertambah. Hal ini merupakan hal yang bagus karena walaupun berat badanmu naik tetapi bentuk badanmu akan menjadi bagus. Kenaikan berat badan yang buruk adalah jika disebabkan karena konsumsi makanan dan minuman yang berkalori tinggi secara berlebihan sehingga terjadi penumpukan lemak dalam tubuhmu.

b) Sebaliknya penurunan berat badan juga tidak selalu baik. Penurunan berat badan yang baik adalah penurunan kadar lemak tubuh dengan tetap menjaga massa tubuh bebas lemak (mempertahankan massa tulang dan otot). Jika penurunan berat badan sampai mengorbankan massa tulang dan otot maka kamu akan menjadi tidak sehat karena daya tahan tubuh menurun, rentan osteoporosis, atropi otot, dan penampilanmu juga tidak bagus (bayangkan orang-orangan sawah).

Ilustrasinya bisa kamu lihat di bawah ini.

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

Leave a Reply

WhatsApp chat