Hai! Kamu sudah mendaftar untuk mengikuti kelas Muay Thai? Selamat ya! Sekarang persiapkan diri kalian untuk mengalami perjalanan yang menyenangkan dengan Muay Thai. Saat pertama akan mengikuti kelas Muay Thai, mungkin kamu masih bingung harus mempersiapkan apa saja. Nah, pada artikel ini kami akan membantumu dalam persiapan untuk mulai latihan Muay Thai.

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

Peralatan pribadi yang akan kamu perlukan saat mengikuti latihan Muay Thai:

1> AIR MINUM

persiapan untuk muay thai - water bottles

Bawalah botol air minum terbesar yang kamu punya. Selama latihan Muay Thai, kamu akan berkeringat banyak. Untuk mencegah dehidrasi, kamu perlu minum pada setiap jeda latihan. Paling baik adalah minum air putih. Tidak perlu minuman olahraga atau minuman energi. Minuman olahraga mengandung kadar gula tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan. Sedangkan minuman energi mengandung kafein dengan kadar terlalu tinggi dan akan memacu detak jantungmu menjadi lebih cepat, padahal detak jantungmu pasti sudah meningkat karena latihan.

Panduan hidrasi untuk olahraga bisa kamu baca lebih lanjut di sini.

2> PAKAIAN

persiapan untuk muay thai - pants

Bawalah pakaian latihan, pakaian bersih termasuk pakaian dalam bersih untuk ganti setelah latihan. Tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi kamu apakah datang ke tempat latihan Muay Thai dari tempat kerja, kampus/sekolah atau dari rumah.

Khusus untuk wanita pakailah sport bra yang pas ukurannya demi kesehatanmu. Lupakan dulu bra jenis lainnya.

Hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah pakailah pakaian untuk latihan yang nyaman untukmu karena tentunya kamu tidak ingin konsentrasimu terganggu oleh ketidaknyamanan yang diakibatkan dari pakaian latihan yang kamu pakai.

3> HANDUK

persiapan untuk muay thai - towels

Jika memungkinkan, bawalah handuk kecil untuk menyeka keringat. Dan handuk yang berukuran sedang jika setelah selesai latihan kamu akan mandi di tempat latihan.

4> IKAT RAMBUT

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, sebaiknya ikatlah rambutmu menggunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan yang lembut, bukan jepit rambut dari bahan plastik keras. Tujuannya supaya tidak mengganggu selama latihan. Lagipula tidak nyaman kan saat sedang berkeringat lalu rambutmu menempel-nempel ke kulit wajah, leher, dan bahu. Bisa membuat konsentrasi latihan jadi buyar.

5> DOMPET KECIL

Terutama untuk para wanita tapi tidak terbatas untuk pria juga, jika memakai perhiasan seperti cincin, anting, gelang, kalung dan sebagainya, lepaslah perhiasanmu selama sesi latihan berlangsung. Perhiasanmu bisa mencelakai dirimu sendiri dan partner latihanmu. Selain itu, perhiasanmu bisa rusak, entah karena terlepas secara tidak sengaja dan terinjak atau terkait sesuatu dan patah.
Kamu bisa menyimpan dompet kecil tersebut di loker berkunci atau menitipkan kepada petugas administrasi di tempat latihanmu. Jangan lupa mengambil kembali saat kamu akan pulang ya!

Jika kamu berangkat latihan dari rumah, ada baiknya perhiasanmu disimpan di rumah saja dulu. Kamu tidak akan memerlukannya selama latihan Muay Thai.

6> TAS KECIL UNTUK PAKAIAN KOTOR

persiapan untuk muay thai - laundry bag

Bawalah tas kecil yang sekiranya cukup untuk menampung pakaian latihan kotormu. Sebaiknya yang bisa ditutup supaya tidak tercecer dan jadi bercampur dengan barang lain di dalam tasmu. Jangan lupa untuk mengeluarkannya dari dalam tasmu setelah sampai di rumah ya!

7> ALAT MANDI

Banyak camp Muay Thai, termasuk Bumi Muay Thai, menyediakan fasilitas kamar mandi atau shower room untuk membernya. Jika kamu akan mandi di camp, sebaiknya kamu membawa peralatan mandi pribadimu. Hindari saling pinjam peralatan mandi untuk alasan kebersihan dan kesehatan.

Peralatan yang bisa kalian bawa jika kalian memilikinya:

8> HANDWRAPS

Handwraps adalah kain panjang yg khusus dibuat untuk melilit bagian telapak, buku pangkal jari, dan pergelangan tanganmu sebelum memakai gloves. Fungsinya adalah melindungi buku-buku pada pangkal jari dari benturan, pergelangan tangan dari cidera/keseleo, dan membuatmu menggenggam lebih kuat saat melakukan pukulan.

handwraps untuk latihan muay thai
gloves untuk latihan muay thai

9> MUAY THAI GLOVES (SARUNG TINJU UNTUK MUAY THAI)

Muay Thai gloves memberikan bantalan untuk melindungi tanganmu dari benturan dengan pad/focus mitt dan heavy bag. Muay Thai gloves berbeda dengan boxing gloves.

NOTE: Jika kamu belum memiliki handwraps dan gloves di awal mulai latihan, biasanya kamu bisa memakai handwraps maupun gloves yang disediakan oleh camp tempat latihanmu. Tetapi saya pribadi, berdasarkan pengalaman bertahun-tahun latihan, sangat menyarankan untuk memiliki handwraps dan gloves pribadi. Atau setidaknya handwraps pribadi. Sambil kamu bisa menabung untuk membeli gloves pribadi.

Pilihlah handwraps dan gloves yang berkualitas baik dan terasa pas serta nyaman saat kamu pakai. Serta jangan lupa merawat handwraps dan merawat gloves agar tetap nyaman dipakai berlatih.

Peralatan tambahan, tetapi biasanya untuk awal latihan belum perlu:

10> ANKLE WRAPS

Berfungsi untuk melindungi pergelangan kaki dari cidera otot dan sendi. Jika kamu merasa perlu, kamu bisa memakai ankle wraps pada saat latihan Muay Thai.

11> MOUTHGUARD & GROIN PROTECTOR

groin protector for male
groin protector untuk pria
groin protector for female
groin protector untuk wanita

Tidak hanya pria, wanita juga memerlukan groin protector.

mouthguard untuk latihan muay thai
mouthguard

Baca artikel kami: MOUTHGUARD UNTUK MUAY THAI

Sedangkan untuk persiapan diri sebelum latihan, kalian sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini:

1> MAKAN

Jika kamu melakukan pekerjaan aktif, kamu sebaiknya makan sedikit saja sekitar 1 jam sebelum latihan. Makanan yang disarankan adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya apel, pisang, kentang atau telur. Kamu bisa tidak melakukan ini jika kamu tidak aktif atau pekerjaanmu lebih banyak mengharuskanmu duduk di belakang meja.
Muay Thai adalah latihan yang bersifat aerobic dan anaerobic, sehingga kamu memerlukan karbohidrat dan glycogen pada tubuhmu sebagai sumber energi agar tidak cepat kelelahan pada saat berlatih. Glycogen akan memberi energi untuk ototmu. Tetapi jangan makan makanan yang berminyak, berlemak dan mengandung serat yang sulit dicerna.
Jangan makan dengan jumlah banyak dan jangan makan kurang dari 1 jam sebelum latihan dimulai. Latihan dengan perut yang penuh bisa menyebabkan mual, muntah dan rasa sakit pada perutmu.

2> MINUM

Beri asupan cairan untuk bekal tubuhmu berkeringat saat latihan nanti. Jangan minum dengan jumlah banyak sekaligus karena akan membuatmu merasa begah, tetapi minumlah dengan jumlah sedikit tapi sering. Minumlah air putih biasa. Jangan minum minuman berkarbonasi atau yang mengandung banyak gula atau alkohol.

Awalnya akan tampak sulit. Tetapi semua hal tampak sulit untuk pertama kali.

Persiapan latihan Muay Thai dalam artikel ini hanyalah sebuah panduan secara umum, silahkan kamu sesuaikan dengan situasi dan kondisimu masing-masing. Sekarang kalian siap untuk mengikuti latihan Muay Thai. Ayo semangat!

Baca juga artikel kami: DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi terpercaya dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat secara medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, selalu konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional terlebih dahulu sebelum memulai latihan fisik berat.

REFERENSI

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK21190/
  2. https://biologydictionary.net/glycogen/
  3. Pengalaman pribadi penulis/Internal Bumi Muay Thai
  4. http://www.muaythaicitizen.com/foods-to-eat-before-muay-thai/
About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

6 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat