Bentuk pemulihan seperti apa yang perlu dilakukan setelah melakukan latihan low kick?

Rekomendasi artikel: KESALAHAN SAAT BERLATIH LOW KICK

MENGAPA PERLU PEMULIHAN SETELAH LATIHAN LOW KICK?

Ketika berlatih low kick, tentu tulang kering, kaki bagian bawah, dan otot kaki akan sering terbentur. Hal ini menyebabkan adanya retakan mikro pada tulang dan robekan mikro pada otot. Memang, secara otomatis, tubuhmu akan memperbaiki retakan dan robekan mikro ini sehingga tulangmu akan semakin tebal dan padat serta ototmu akan semakin kuat dan besar.

Tetapi bukan berarti kamu tidak perlu membantu tubuhmu untuk proses pemulihan itu. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu tubuhmu memperbaiki tulang dan ototmu:

Istirahat

Berikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dan tidur agar kerusakan yang terjadi bisa diperbaiki dengan sempurna.

Tetap berlatih pada masa pemulihan setelah latihan

Walaupun kamu harus memberikan waktu untuk perbaikan tulang dan otot pada kakimu, bukan berarti kamu jadi berhenti latihan. Kamu bisa melakukan latihan untuk bagian tubuh yang lain selama proses pemulihan.

muay thai class

Makan makanan yang bernutrisi tinggi

Untuk memperbaiki tulang dan ototmu, tubuhmu memerlukan nutrisi melalui makanan. Makananmu harus yang sehat dan mengandung nutrisi makro dan mikro. Pola makan sehat ini harus kamu jalani setiap hari.

Rekomendasi artikel: NUTRISI SEBELUM MUAY THAI

Minum air putih dengan jumlah yang sesuai

Memberi tubuh kita asupan cairan yang diperlukan untuk membantu fungsi tubuh yang lain tetap bisa bekerja secara normal selagi memperbaiki cidera mikro yang terjadi.

minum air untuk membantu pemulihan setelah latihan

Rekomendasi artikel: NUTRISI SETELAH MUAY THAI

Kompres dan urut

Jika ada bagian tulang keringmu atau bagian kakimu yang lebam dan bengkak pada saat berlatih low kick, kamu bisa mengompresnya menggunakan air hangat dan mengurutnya dari bagian luar kaki ke arah bagian tulang kering untuk melancarkan peredaran darah. Kamu mungkin butuh bantuan orang lain atau pelatihmu untuk melakukan ini. Peredaran darah dan cairan tubuh yang lancar akan membantu mempercepat proses pemulihan tulang dan otot yang mengalami cidera mikro.

Rekomendasi artikel: TIPS LOW KICK UNTUK PEMULA

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman pribadi penulis sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

  1. Pengalaman pribadi penulis
  2. Internal Bumi Muay Thai
About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

Leave a Reply

Artikel Terbaru

ADVERTISEMENT

YouTube Bumi Muay Thai