girl training muay thai

NUTRISI UNTUK ENERGI DAN PERFORMA LATIHAN MUAY THAI

Hai! Ada perbedaan kebutuhan nutrisi untuk tubuh jika kamu melakukan latihan fisik berat seperti Muay Thai. Memberikan nutrisi yang baik untuk tubuhmu sebelum latihan merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi performa dan hasil latihan Muay Thai yang kamu jalani. Sebaiknya memang kamu perlu menerapkan pola makan yang sehat setiap hari, tidak hanya pada hari kamu latihan.

Untuk memperoleh hasil maksimal saat latihan Muay Thai, kamu perlu makan dan minum dalam jumlah sedikit sebelum latihan dimulai.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAi?

MAKAN BERAT

Jika kamu berlatih Muay Thai, sangat penting untuk menjaga makan hanya makanan yang sehat. Apalagi kalau kamu ingin hidup lebih sehat dan menurunkan kadar lemak tubuh, tentu tidak cukup hanya dengan latihan Muay Thai tanpa didukung oleh pola makan sehat.

Makan berat sebelum latihan sebaiknya dilakukan minimal 3 jam sebelumnya, supaya makanan sudah selesai dicerna oleh tubuhmu dan kamu memperoleh ‘bekal’ nutrisi untuk latihan Muay Thai. Makanan berkadar lemak tinggi sulit dicerna sehingga membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuhmu untuk mengolahnya.

nutrisi sebelum muay thai - karbohidrat kompleks

Makanlah makanan yang tinggi protein dan mengandung karbohidrat kompleks dengan jumlah secukupnya. Selalu masukkan sayuran ke dalam menu makananmu.

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

MAKAN RINGAN

Sekitar 1 jam sebelum latihan, kamu sebaiknya makan sedikit. Tujuannya adalah untuk mendongkrak produksi glycogen yang merupakan salah satu sumber energi bagi otot. Sebaiknya makan makanan yang mudah dicerna dan tidak mengandung serat tinggi. Kamu juga bisa terhindar dari mengalami exercise-induced nausea jika makan sedikit sebelum latihan.

nutrisi sebelum muay thai - banana oatmeal
Oatmeal dan pisang

Beberapa contoh makanan yang baik untuk sebelum latihan Muay Thai:

  • roti gandum utuh
  • selai kacang
  • apel
  • pisang
  • nasi merah
  • kacang hijau
  • daging tanpa lemak
  • alpukat
  • oatmeal
  • telur (bagian putih dan kuningnya)

Hal penting yang perlu diingat adalah setiap individu berbeda, jadi kamu harus mencoba jenis dan jumlah serta melakukan penyesuaian sebelum menemukan ‘formula’ yang tepat untuk dirimu.

Rekomendasi artikel: PUSING SAAT LATIHAN MUAY THAI

MINUM CUKUP AIR

minum cukup air untuk nutrisi sebelum muay thai
Water photo created by freepik – www.freepik.com

Sebelum latihan dimulai, sepanjang hari perlu bagimu untuk meminum air dalam jumlah cukup. Biasakanlah untuk minum segelas besar air pada saat kamu baru bangun tidur. Serta setidaknya 3 jam sebelum latihan, mulailah minum air putih biasa dengan jumlah sekitar 500 – 800 ml sampai sekitar 10 menit sebelum latihanmu dimulai. Kamu bisa membagi jumlah itu untuk diminum dalam jangka waktu kurang lebih 3 jam.

Kekurangan jumlah cairan tubuh walau hanya sebesar 1 – 2% akan berpengaruh besar pada performa latihan.

Silahkan baca lebih lanjut untuk panduan hidrasi latihan Muay Thai.

MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI

nutrisi sebelum muay thai - no junk food and fast food

Hindari makanan yang diproses berlebihan, berkadar lemak tinggi, dan berkadar gula tinggi, misalnya junk food dan fast food. Makanan berkadar lemak tinggi sulit dicerna dan bisa membutuhkan waktu sampai 4 jam atau lebih untuk benar-benar selesai mencernanya. Perutmu akan sakit saat latihan jika makananmu belum tercerna dengan benar. Makanan dengan kadar gula tinggi akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan, cepat, dan mendadak lalu akan terjadi penurunan kadar gula darah yang berlebihan, cepat, dan mendadak pula. Kamu tentu tidak ingin tubuhmu tiba-tiba lemas di tengah sesi latihan Muay Thai.

Sebaiknya kamu tidak minum minuman bersoda (termasuk minuman energi) dan alkohol yang akan membuat perutmu sakit dan begah saat latihan. Alkohol menghambat sirkulasi glukosa yang digunakan untuk memberi energi saat latihan, bersifat menahan air sehingga tidak diserap sempurna oleh tubuh, dan menurunkan sintesa protein yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki kerusakan otot.

Mudah-mudahan isi artikel ini bisa membantumu mendapat hasil maksimal dari latihan Muay Thai.


Setelah latihan, kamu juga perlu menggantikan energi untuk proses pemulihan tubuh.

Baca panduannya pada artikel: NUTRISI SETELAH MUAY THAI

Rekomendasi artikel: MENGENAL NUTRISI MAKRO DAN MIKRO

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan sumber-sumber terpercaya dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat medis. Selalu konsultasikan masalah kesehatan yang kamu alami, penggunaan suplemen maupun obat-obatan dengan dokter atau tenaga medis profesional lain sebelum menjalani latihan fisik berat.

REFERENSI

Artikel dari laman healthline, muaythaicitizen, verywellfit.

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat