tangan memakai handwraps

Hai! Salah satu peralatan yang penting untuk kamu pakai saat berlatih Muay Thai adalah handwraps, atau sebagian orang ada juga yang menyebutnya bandasi. Apa sih handwraps atau bandasi itu? Dan mengapa harus memakainya saat berlatih Muay Thai? Bagaimana memilih handwraps untuk Muay Thai? Oke, mari kita temui si handwraps atau bandasi ini, biar bisa kenalan dulu nih!

Rekomendasi artikel: TIPS MEMILIH MUAY THAI GLOVES

Rekomendasi artikel: TIPS MERAWAT MUAY THAI GLOVES

PENGERTIAN DAN FUNGSI HANDWRAPS ATAU BANDASI

Handwraps atau bandasi, selanjutnya kita sebut dengan handwraps saja, adalah semacam kain yang berbentuk panjang tetapi tidak terlalu lebar dan digunakan di sekeliling pergelangan dan telapak tangan. Digunakan selama latihan berlangsung.

Ada beberapa fungsi handwraps:

  1. Melapisi dan memberi bantalan untuk melindungi buku-buku pertama jari tangan kita agar lebih aman saat melakukan pukulan ke focus mitt, heavy bag maupun pada saat sparring.
  2. Memperkuat pergelangan tangan sehingga tidak mudah terkilir saat melakukan pukulan.
  3. Memperkuat genggaman kita di dalam gloves, hal ini akan membantu mengeraskan otot dan sendi pergelangan tangan saat terjadi benturan pukulan dengan sasaran.
  4. Secara psikologis menambah kepercayaan diri untuk melakukan pukulan karena mengetahui tangan kita aman.

Handwraps biasanya dijual satu pasang, untuk tangan kanan dan tangan kiri. Jadi, jika kamu membeli handwraps akan ada 2 gulungan kain atau bisa juga keduanya digulung jadi satu gulungan.

TIPS MEMILIH JENIS/TIPE HANDWRAPS UNTUK MUAY THAI

JENIS HANDWRAPS

Ada bermacam-macam jenis handwraps, tetapi kita akan membahas handwraps untuk Muay Thai yang umum digunakan di Indonesia.

  1. Hoop and loop: Jenis handwraps ini paling banyak dipakai, baik di Indonesia maupun di negara lain. Digunakan dengan cara melilitkannya ke pergelangan dan telapak tangan. Biasanya memiliki thumb loop pada salah satu ujungnya untuk dikaitkan pada jari jempol dan di ujung yang lain terdapat tali atau velcro untuk mengunci agar handwraps tidak mudah terlepas. Panjangnya (per satu rol) bervariasi antara 120″ (+/- 3 meter), 180″ (+/- 4,5 meter) dan 210″ (+/- 5,3 meter). Lebarnya rata-rata sama untuk semua ukuran panjang, yaitu +/- 5 cm.
    hoop and loop
  2. Instant wraps: Sesuai dengan namanya, handwraps jenis ini tidak perlu dililitkan terlalu banyak, karena bentuknya seperti sarung tangan yang setengah menutup jari dan hanya perlu dililitkan sedikit di bagian pergelangan tangan serta menguncinya dengan Velcro.
    instant wraps
  3. Gauze tape: Berbentuk seperti perban yang sangat panjang. Cara penggunaan kurang lebih mirip seperti jenis hoop and loop tetapi tanpa thumb loop dan pengunci. Gauze tape harus dikunci dengan cara memberi plester pada ujungnya, jadi sama seperti jika kita memakai perban pada saat luka. Tetapi sudah banyak juga yang menjual gauze tape yang memiliki self-adhesive. Perlu bantuan orang lain untuk memakai gauze tape. Handwraps jenis ini hanya bisa digunakan sekali/tidak bisa dipakai ulang.
    gauze tape

KESIMPULAN PILIHAN JENIS HANDWRAPS UNTUK MUAY THAI

Untuk kebutuhan latihan sehari-hari, menurut pendapat kami pribadi dan kebanyakan praktisi Muay Thai, handwraps jenis hoop and loop paling cocok untuk digunakan karena mudah disesuaikan untuk bagian mana yang lebih butuh perlindungan untuk berbagai ukuran telapak tangan. Kamu hanya perlu waktu untuk belajar bagaimana cara memakainya, pelatihmu akan mengajarkan caranya. Jenis instant wraps tidak memberikan fleksibilitas penyesuaian dan tidak terlalu banyak melindungi pergelangan tangan. Sedangkan jenis gauze tape tidak praktis dan tidak ekonomis digunakan untuk latihan sehari-hari dan lebih banyak digunakan untuk saat pertandingan.

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

TIPS LAIN DALAM MEMILIH HANDWRAPS UNTUK MUAY THAI

Faktor-faktor yang perlu menjadi perhatianmu saat memilih handwraps untuk Muay Thai:

BAHAN

Pilihlah handwraps dengan bahan campuran katun dan polyester. Bahan ini menyerap keringat dengan baik dan berpori-pori sehingga membuat kulit tangan tetap bisa bernapas, kuat tetapi lentur sehingga tidak mudah bergeser saat tengah sesi latihan, dan saat digunakan dapat dengan mudah mengikuti lekuk tangan. Sangat penting untuk memilih handwraps yang nyaman digunakan supaya kamu tidak perlu berkali-kali membenarkan posisi handwraps selama sesi latihan.
Handwraps dengan bahan tebal dan kaku bisa menjadi pilihan jika memang kamu lebih suka dan lebih nyaman menggunakan handwraps dengan bahan tebal.

PANJANG

Untuk orang dewasa dengan ukuran tangan besar maupun kecil, sebaiknya memakai handwraps dengan panjang minimal 4,5 meter. Lebih baik kelebihan panjang daripada kurang panjang. Kelebihan panjang handwraps dapat digunakan untuk melapis lagi bagian buku jari dan pergelangan tangan sehingga memberikan perlindungan lebih. Handwraps ukuran 3 meter biasanya digunakan untuk anak-anak.

PENGUNCI

Sekarang kebanyakan handwraps menggunakan velcro sebagai pengunci sehingga lebih praktis dan lebih mudah digunakan. Sudah jarang sekali handwraps yang masih memakai tali sebagai pengunci.

HARGA

Harga handwraps dengan kualitas bagus mungkin tidak murah dan tergantung merk. Untuk merk import, harganya berkisar antara Rp 150.000,- sampai Rp 300.000,-. Tetapi kamu masih bisa membeli handwraps lokal yang bagus dengan harga kurang dari Rp 100.000,- jika kamu mau mencari.

Berikut beberapa merk handwraps untuk Muay Thai yang biasa kami gunakan di Bumi Muay Thai:

Fairtex Elastic Cotton Handwraps (Paling Kami Rekomendasikan)

handwraps untuk muay thai merk fairtex warna putih gading

Handwraps keluaran Fairtex paling nyaman dipakai dibandingkan dengan merk lain pada daftar ini. Memiliki elastisitas yang sangat bagus tapi tidak berlebihan. Bahannya tidak terlalu tebal sehingga tidak menumpuk tebal walaupun memiliki panjang 4,5 meter. Tidak mudah bergeser selama 2 jam sesi latihan. Harganya antara Rp 150.000,- sampai Rp 200.000,-. Warna bervariasi.

Top King Thai Flag

handwraps untuk muay thai merk top king motif bendera thailand

Handwraps Top King Thai Flag memiliki bahan yang tebal tetapi lumayan lentur. Panjangnya sekitar 5,3 meter. Awet untuk jangka lama dengan perawatan yang benar. Lebih mudah bergeser di tengah sesi latihan dibandingkan dengan merk Fairtex. Harganya sekitar Rp 300.000,-.

Everlast EverFresh

handwraps untuk muay thai merk everlast warna biru muda

Dengan bahan yang tidak terlalu tebal, lentur serta memiliki warna dan motif yang bervariasi, handwraps Everlast tidak mudah bergeser saat dipakai dan mengikuti lekuk tangan dengan baik. Memiliki panjang kurang lebih 4,5 meter. Harganya berkisar antara Rp 150.000,- sampai Rp 200.000,-.

Twins Cotton Wraps

handwraps untuk muay thai merk twins warna oranye

Handwraps Twins memiliki warna dan motif bervariasi, terbuat dari bahan katun yang tebal dan kurang lentur, sehingga tidak terlalu bisa mengikuti lekuk tangan dan mudah bergeser pada saat latihan berlangsung. Cenderung untuk menumpuk jadi satu dan membuatmu harus melilit ulang. Harganya berkisar antara Rp 150.000.- sampai dengan Rp 250.000,-.

Bushido

handwraps untuk muay thai merk bushido panjang 4,5 meter warna hijau stabilo

Merupakan salah satu merk lokal yang memiliki produk handwraps dengan kualitas lumayan bagus. Bahannya mirip dengan merk Twins, tebal dan kurang elastis. Memiliki variasi panjang 2,7 – 4,5 meter. Warnanya bervariasi tetapi tanpa motif. Handwraps ini paling ekonomis untuk pemula, dengan harga sekitar Rp 50.000,- sampai dengan Rp 80.000,-.

Masih banyak merk handwraps lokal dan import yang lain. Kamu bisa membeli handwraps di toko peralatan olahraga atau online marketplace. Mintalah juga nasihat pelatihmu untuk memilih handwraps yang sesuai untukmu atau mungkin kamu bisa membelinya dari pelatihmu.
Membeli handwraps berkualitas bagus merupakan investasi untuk mencegah tanganmu dari cidera. Terutama untuk jangka panjang akan terasa perbedaannya memakai handwraps dengan kualitas bagus.

Jangan lupa untuk merawat handwrapsmu agar lebih awet, baca tips dari kami di artikel TIPS MERAWAT HANDWRAPS

Selamat berlatih!

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan sumber-sumber terpercaya dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat secara medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional saat kamu akan memulai latihan fisik berat.

Bumi Muay Thai tidak disponsori oleh dan tidak menerima pembayaran dari merk-merk yang disebutkan pada artikel ini.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai dan artikel dari berbagai situs (muaythaipros,muaythaicitizen, sportzbits).

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

4 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat