bumi muay thai bandung

Hai! Kalau kamu pemula dalam latihan Muay Thai dan kamu masih bingung dengan teknik low kick, jangan berkecil hati. Kami dari Bumi Muay Thai akan membantumu mempelajari dan melatih cara melakukan low kick untuk pemula.

APA ITU LOW KICK?

Secara teknis, low kick di Muay Thai adalah teknik tendangan yang arah serangannya adalah bagian tubuh di bawah pinggang dengan menggunakan bagian tulang kering atau punggung kaki sebagai titik benturnya. Low kick memang merupakan teknik andalan di Muay Thai karena begitu kuatnya efek dari low kick. Untuk seorang pemula, perlu melatih low kick dengan teknik dan cara yang benar dan repetisi yang tidak berujung.

Salah satu pelatih saya dulu selalu menekankan tentang pentingnya kaki yang kuat. Ya tentu saja karena kaki merupakan penopang tubuh kita. Jadi jika kita ingin menjatuhkan lawan maka seranglah kakinya. Inilah prinsip dari low kick.

Saya masih ingat saat dulu baru mempelajari Muay Thai, salah satu teknik tendangan yang sejak awal diajarkan adalah low kick. Dan yang pasti saya ingat (dan semua orang yang pernah melatih low kick ala Muay Thai akan ingat) adalah rasa saat pertama kali bagian tulang kering saya berbenturan dengan lawan atau partner latihan saya. Rasanya tidak akan terlupakan.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

SARAF SCIATIC DAN LOW KICK

Sedikit selingan pengetahuan anatomi tubuh, ada saraf tunggal terpanjang pada tubuh manusia yang disebut dengan saraf sciatic. Saraf sciatic adalah saraf paling besar dan tebal pada manusia, bermula dari punggung bagian bawah dan tersambung di bagian belakang sepanjang tubuh bagian bawah sampai tumit kaki.

The sciatic nerve provides the connection to the nervous system for nearly the whole of the skin of the leg, the muscles of the back of the thigh, and those of the leg and foot

Sciatic nerve, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Sciatic_nerve&oldid=941978357 (last visited Mar. 4, 2020).
Posterior view of the right leg, showing the sciatic nerve and its branches.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/leg-anatomy#/media/1/334805/48420

Apa hubungannya dengan low kick?

Secara tidak langsung, low kick menyasar saraf sciatic melalui otot-otot yang ada di sekelilingnya. Saat terkena low kick, saraf sciatic akan mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Mungkin saja tidak langsung terlihat efeknya, tetapi jika dilakukan berulang kali maka lawanmu akan kehilangan kekuatan kakinya, mati rasa sehingga sulit menggerakkan kaki, sulit berdiri atau bahkan jatuh karena kehilangan keseimbangan atau karena memang sudah tidak sanggup berdiri. Dan yang pasti, kepercayaan diri untuk menyerang juga akan hilang jika sudah begitu.

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

BAGAIMANA MELATIH LOW KICK UNTUK PEMULA?

Kamu bisa melakukan low kick dengan menggunakan kaki dominan (kaki yang berada di belakang pada stance mu) atau kaki non dominan (kaki yang berada pada bagian depan stance mu). Saya tidak menggunakan istilah kaki kanan atau kiri karena ada yang memakai stance orthodox dan ada yang memakai stance south paw, tergantung pada kidal atau tidaknya orang tersebut.

Penggunaan low kick juga dipengaruhi oleh faktor jenis stance mu dan stance lawanmu, apakah sama-sama orthodox atau sama-sama south paw ATAU orthodox vs south paw. Baik penggunaan kaki dominan atau non dominan dan arah serangan dengan sasaran bagian dalam atau luar kaki akan dipengaruhi oleh faktor tersebut.

Lead Leg Low Kick

Low kick yang dilakukan menggunakan kaki non dominan, biasanya lebih mengandalkan kecepatan dibandingkan tenaga.

Posisi kaki non dominan yang berada di depan memang lebih dekat jaraknya ke lawan sehingga akan lebih cepat menjangkau saat menyerang, juga bisa lebih cepat kembali ke posisi awal atau ditempatkan pada posisi untuk melakukan serangan berikutnya.

Sering digunakan untuk menyerang pada satu titik berulang kali dengan tujuan melemahkan kaki lawan dan pada akhirnya menjatuhkan lawan atau mengalihkan perhatian lawan sebagai bagian dari kombinasi serangan lain yang (biasanya akan) ditujukan ke tubuh bagian atas.

Bagaimanapun, seperti halnya dengan teknik pukulan jab, sangat mungkin melatih lead leg low kick yang tidak hanya cepat tetapi juga kuat dan bertenaga.

Cara melakukan lead leg low kick untuk pemula:
melatih low kick untuk pemula - stance awal

berdiri dengan melakukan stance menghadapi sasaran

melatih low kick untuk pemula - menyerongkan kaki ke arah luar

serongkan kaki belakang ke arah luar sambil menekuk sedikit lutut kaki belakang, tumpukan berat badanmu pada kaki belakang

melatih low kick untuk pemula - menggunakan daerah tulang kering untuk mengenai sasaran

angkat kaki depanmu langsung dari pinggang (bukan mengangkat dengan menekuk lutut lebih dulu) dan putar pinggangmu sehingga tulang keringmu menghadap ke dan bertemu dengan sasaran sambil memindahkan berat badanmu pada tenaga tendanganmu

bagian atas tubuhmu menghadap serong 45° dari posisi awal dan tidak menekuk ke arah lawan di bagian pinggang yang menyebabkan posisi kepalamu dekat dengan lawan

melatih low kick untuk pemula - tampak belakang posisi melakukan low kick

posisi tangan pada sisi kaki yang melakukan tendangan adalah lurus ke arah lawan dengan bahu sedikit diangkat sehingga menutupi dagu

sedangkan tangan yang satu lagi tetap pada posisi melindungi sisi lain dari bagian samping kepalamu, glovemu harus menempel pada pelipismu.

Rekomendasi artikel: CARA MELAKUKAN SUPERMAN PUNCH

Rear Leg Low Kick

Merupakan low kick yang biasanya lebih bertenaga dan berpotensi merusak karena dilakukan menggunakan kaki dominan. Biasanya rear leg low kick lebih mengandalkan tenaga serta momentum dibandingkan kecepatan.

Sangat memungkinkan juga untuk bisa melakukan rear leg low kick yang tidak hanya bertenaga tetapi juga memiliki kecepatan tinggi.

Cara melakukan rear leg low kick untuk pemula:
melatih low kick untuk pemula - stance awal

berdiri dengan melakukan stance menghadapi sasaran

melatih low kick untuk pemula - menyerongkan kaki ke arah luar

pindahkan tumpuan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan sambil menyerongkan kaki depan ke arah luar dengan lutut sedikit menekuk

melatih low kick untuk pemula - melakukan low kick dengan menggunakan bagian tulang kering untuk mengenai sasaran

angkat kaki belakang langsung dari pinggang dan putar pinggang hingga bagian tulang kering yang mengenai sasaran, pindahkan berat badanmu pada tenaga tendanganmu

bagian atas tubuhmu menghadap serong 45° dari posisi awal dan tidak menekuk ke arah lawan di bagian pinggang yang menyebabkan posisi kepalamu dekat dengan lawan

posisi tangan sama seperti pada lead leg low kick, hanya dibalik saja sesuai posisi kaki mana yang melakukan tendangan

Latihlah dengan gerakan perlahan lebih dulu untuk memahami langkah-langkahnya. Jangan lupa baca tips di bawah ini 👇

TIPS MELATIH LOW KICK UNTUK PEMULA

  1. Santai: Jangan kaku atau tegang. Bergeraklah dengan santai dan natural pada stance mu. Latih posisi stance dan footwork yang benar supaya tidak malah menghambat gerakan teknikmu.
  2. Posisi tangan di sisi yang sama dengan kaki yang melakukan low kick: Tangan diluruskan ke arah lawan dengan bahu agak dinaikkan untuk melindungi rahang. Setelah tendangan mengenai sasaran, arahkan tangan ke belakang untuk keseimbangan serta agar tidak menghalangi putaran low kick.
  3. Posisi tangan di sisi yang berlawanan dengan kaki yang melakukan low kick: Tangan tetap dalam posisi melindungi rahang dan sebagian sisi wajah dekat telinga. Glove mu harus menempel pada pelipismu. Fungsinya sebagai pertahanan dari serangan balik.
  4. Slow drill: Berdasarkan pengalaman, saya selalu menekankan kepada siapapun (termasuk diri sendiri) pada saat mempelajari teknik baru untuk melakukan teknik tersebut dengan lambat dan dengan gerakan yang benar dulu. Kekuatan dan kecepatan bisa mengikuti nanti.Dengan demikian teknik yang baru dipelajari bisa benar-benar dipahami.
  5. Latihan berpasangan: berguna untuk mengetahui sasaran low kick pada manusia, bukan hanya mengira-ngira pada sansak.
  6. Kaki tumpuan: cobalah melakukan low kick baik dengan kaki tumpuan berjinjit maupun tidak dan lutut menekuk maupun tidak. Rasakan perbedaannya supaya kamu lebih memahami.
  7. Setelah melakukan tendangan: biasakan kembali ke posisi stance awal.
  8. Jika sudah mulai lancar: lakukan dengan putaran penuh sampai kembali ke arah semula.

SASARAN LOW KICK

Pada umumnya, sasaran low kick adalah bagian luar depan dan samping luar kaki lawan karena merupakan bagian kaki yang paling terbuka untuk diserang. Bagaimanapun, tidak menutup kemungkinan menggunakan low kick untuk menyerang sasaran bagian belakang atau bagian dalam kaki lawan.

Menggunakan kaki dominan maupun non dominan, inilah sasaran low kickmu.

Bagian luar:

Kaki bagian luar depan dan luar samping yang diserang meliputi otot quadriceps (paha), ligamen pada samping luar lutut, dan otot tibialis anterior pada tulang kaki bagian bawah.

Anterior view of the muscles of the human leg.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle#/media/1/485918/121602
An anterior view of human leg muscles, showing the rectus femoris muscle (bipennate fibred muscle), the extensor digitorum longus (unipennate fibred muscle), and the tibialis anterior muscle (parallel fibred muscle).
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle#/media/1/485918/47651

Rekomendasi artikel: DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)

Bagian dalam:

Bagian belakang atau dalam otot paha, betis, dan lutut merupakan target utama low kick yang diarahkan ke bagian dalam kaki karena bagian-bagian tersebut merupakan sasaran yang cukup ’empuk’. Bisa juga diarahkan ke pergelangan kaki bagian dalam (malleolus).

Posterior view of the right leg, showing the muscles of the hip, thigh, and lower leg.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/gastrocnemius-muscle#/media/1/226747/101369

Dengan mengetahui otot-otot yang merupakan sasaran low kick, kamu bisa lebih efektif dalam berlatih.

Kamu bisa menonton video ini sebagai referensi penggunaan dan sasaran low kick:

KESALAHAN YANG UMUM DILAKUKAN OLEH PEMULA SAAT MELATIH LOW KICK

Whatever your intentions to train, keep doing the right techniques as taught by your trainer.

Pongchai

Melakukan kesalahan pada saat latihan low kick itu wajar apalagi untuk seorang pemula. Bagaimanapun kamu harus mengetahui kesalahanmu dalam berlatih untuk bisa memperbaikinya.

Beberapa kesalahan yang sangat umum terjadi pada pemula saat melatih low kick:

Arah dan posisi

  • Tidak menggunakan sisi depan kaki bagian bawah (daerah tulang kering) sebagai ‘mata kapak’ tendangan. Biasanya ini terjadi karena kamu tidak memutar pinggang dengan benar.
  • Posisi tangan salah, sehingga tidak seimbang saat melakukan low kick atau tidak melindungi dari kemungkinan serangan balik serta bisa menghambat putaran pinggang.
  • Posisi tubuh tidak menghadap serong 45° saat menendang. Ini karena kamu tidak menyerongkan kaki tumpuanmu. Satu lagi mengenai posisi tubuh yaitu menekuk di bagian pinggang sehingga kepalamu mendekati arah lawan. Hal ini akan membuat posisimu rentan dari serangan balik.

Stance dan footwork

  • Berdiri dengan stance yang salah (misalnya kaki terlalu sejajar ke belakang atau ke samping), bisa mengakibatkan kamu sulit untuk melakukan teknik low kick (dan teknik apapun) dengan benar.
  • Tidak kembali ke posisi stance semula setelah melakukan tendangan.
  • Tidak belajar melakukan putaran penuh saat melakukan low kick saat sudah mulai lancar. Jika kamu tidak kembali menghadap ke arah lawan sesuai posisi stance awal, kamu memberi kesempatan pada lawanmu untuk menyerang bagian samping atau belakang tubuhmu yang terbuka.

Kesalahan teknis lainnya

  • Putaran pinggang tidak optimal sehingga tenaga low kick hanya berasal dari hentakan kaki saja tanpa ada dorongan dari pinggang. Selain itu arah tendangan juga akan terpengaruh. Saya menyebutnya dengan ‘pinggang terkunci’. Untuk mengatasinya, lakukan stretching untuk melenturkan putaran pinggang.
  • Saat melakukan tendangan, ujung jari kaki yang menendang tidak diluruskan dan posisi pergelangan kaki terlalu menekuk. Hati-hati jika kamu terus melakukan ini, kemungkinan kamu akan mematahkan tulang jari kakimu.
  • Hal kecil tapi lumayan fatal, melihat ke arah sasaran sesaat sebelum melakukan low kick. Ini seperti memberitahu lawanmu apa gerakanmu selanjutnya. Berlatihlah sampai kamu tidak perlu melihat dulu ke arah sasaran sesaat sebelum melakukan serangan menggunakan teknik apapun.
  • Lupa bernafas. Terkadang kita tanpa sadar menahan nafas saat melakukan serangan. Menahan nafas saat melakukan serangan akan melemahkan kekuatan serangan tersebut dan membuat kita cepat merasa lelah. Buanglah nafas melalui hidung pada saat melakukan serangan.

Jangan bosan apalagi kesal jika pelatihmu berulang kali memperbaiki detail gerakan teknik low kick yang kamu lakukan, justru itu pertanda bagus yang artinya pelatihmu benar-benar memperhatikanmu.

MELATIH KEKUATAN, KECEPATAN & KESEIMBANGAN TUBUH UNTUK LOW KICK

Agar bisa melakukan teknik low kick yang benar dan bertenaga, perlu melatih dan memperbaiki kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh terutama untuk pemula. Kamu bisa mengikuti cara-cara pada video ini:

PEMULIHAN SETELAH LATIHAN

Ketika melatih low kick, tentu tulang kering, kaki bagian bawah, dan otot kaki akan sering terbentur. Hal ini menyebabkan adanya retakan mikro pada tulang dan sobekan mikro pada otot. Memang secara otomatis, tubuhmu akan memperbaiki retakan dan sobekan mikro ini sehingga tulangmu akan semakin tebal dan padat serta ototmu akan semakin kuat dan besar.

Tetapi bukan berarti kamu tidak perlu membantu tubuhmu untuk proses pemulihan itu. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu tubuhmu memperbaiki tulang dan ototmu:

Istirahat

Berikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dan tidur agar kerusakan yang terjadi bisa diperbaiki dengan sempurna.

Tetap berlatih

Walaupun kamu harus memberikan waktu untuk perbaikan tulang dan otot pada kakimu, bukan berarti kamu jadi berhenti latihan. Kamu bisa melakukan latihan untuk bagian tubuh yang lain selama proses pemulihan.

Makan makanan yang bernutrisi tinggi

Untuk memperbaiki tulang dan ototmu, tubuhmu memerlukan nutrisi melalui makanan. Makananmu harus yang sehat dan mengandung nutrisi makro dan mikro. Pola makan sehat ini harus kamu jalani setiap hari.

Minum air putih dengan jumlah yang sesuai

Memberi tubuh kita asupan cairan yang diperlukan untuk membantu fungsi tubuh yang lain tetap bisa bekerja secara normal selagi memperbaiki cidera mikro yang terjadi.

Kompres dan urut

Jika ada bagian tulang keringmu atau bagian kakimu yang lebam dan bengkak pada saat berlatih low kick, kamu bisa mengompresnya menggunakan air hangat dan mengurutnya dari bagian luar kaki ke arah bagian tulang kering untuk melancarkan peredaran darah. Kamu mungkin butuh bantuan orang lain atau pelatihmu untuk melakukan ini. Peredaran darah dan cairan tubuh yang lancar akan membantu mempercepat proses pemulihan tulang dan otot yang mengalami cidera mikro.

Rekomendasi artikel: NUTRISI SEBELUM MUAY THAI

Rekomendasi artikel: NUTRISI SETELAH MUAY THAI

MEMPERKUAT OTOT KAKI DAN TULANG KERING

Memperkuat otot kaki dan tulang kering adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang yang berlatih Muay Thai.

Kamu bisa membaca mengenai hal ini pada artikel kami berikutnya: MEMPERKUAT OTOT KAKI DAN TULANG KERING

Demikianlah cara melatih low kick untuk pemula dari kami. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu.

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman pribadi penulis, hanya sebagai bentuk edukasi dan tidak ditujukan untuk pengganti nasehat secara medis. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

  1. Pengalaman pribadi penulis
  2. Internal Bumi Muay Thai
  3. https://evolve-vacation.com/blog/a-guide-to-muay-thai-low-kicks/
  4. https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle
  5. https://www.britannica.com/science/leg-anatomy
  6. https://www.britannica.com/science/gastrocnemius-muscle
  7. Sciatic nerve, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Sciatic_nerve&oldid=941978357 (last visited Mar. 4, 2020).
About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

1 Response

Leave a Reply

WhatsApp chat