Kalau kamu pemula dalam latihan Muay Thai dan kamu masih bingung dengan teknik low kick, jangan berkecil hati. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantumu mempelajari dan melatih cara melakukan low kick untuk pemula.

APA ITU LOW KICK?

Secara teknis, low kick di Muay Thai adalah teknik tendangan yang arah serangannya adalah bagian tubuh di bawah pinggang dengan menggunakan bagian tulang kering atau punggung kaki sebagai titik benturnya. Low kick memang merupakan teknik andalan di Muay Thai karena begitu kuatnya efek dari low kick. Untuk seorang pemula, perlu melatih low kick dengan teknik dan cara yang benar dan repetisi yang tidak berujung.

Salah satu pelatih saya dulu selalu menekankan tentang pentingnya kaki yang kuat. Ya tentu saja karena kaki merupakan penopang tubuh kita. Jadi jika kita ingin menjatuhkan lawan maka seranglah kakinya. Inilah prinsip dari low kick.

Saya masih ingat saat dulu baru mempelajari Muay Thai, salah satu teknik tendangan yang sejak awal diajarkan adalah low kick. Dan yang pasti saya ingat (dan semua orang yang pernah melatih low kick ala Muay Thai akan ingat) adalah rasa saat pertama kali bagian tulang kering saya berbenturan dengan partner latihan saya. Rasanya tidak akan terlupakan.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

SARAF SCIATIC DAN LOW KICK

Sedikit selingan pengetahuan anatomi tubuh, ada saraf tunggal terpanjang pada tubuh manusia yang disebut dengan saraf sciatic. Saraf sciatic adalah saraf terbesar dan tertebal pada manusia, bermula dari punggung bagian bawah dan tersambung di bagian belakang sepanjang tubuh bagian bawah sampai tumit kaki.

The sciatic nerve provides the connection to the nervous system for nearly the whole of the skin of the leg, the muscles of the back of the thigh, and those of the leg and foot

Sciatic nerve, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Sciatic_nerve&oldid=941978357 (last visited Mar. 4, 2020).
Posterior view of the right leg, showing the sciatic nerve and its branches.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/leg-anatomy#/media/1/334805/48420

Apa hubungannya dengan low kick?

Secara tidak langsung, low kick menyasar saraf sciatic melalui otot-otot yang ada di sekelilingnya. Saat terkena low kick, saraf sciatic akan mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Mungkin saja tidak langsung terlihat efeknya, tetapi jika dilakukan berulang kali maka lawanmu akan kehilangan kekuatan kakinya, mati rasa sehingga sulit menggerakkan kaki, sulit berdiri atau bahkan jatuh karena kehilangan keseimbangan atau karena memang sudah tidak sanggup berdiri. Dan yang pasti, kepercayaan diri untuk menyerang juga akan hilang jika sudah begitu.

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

BAGAIMANA MELATIH LOW KICK UNTUK PEMULA?

Kamu bisa melakukan low kick dengan menggunakan kaki dominan (kaki yang berada di belakang pada stance mu) atau kaki non dominan (kaki yang berada pada bagian depan stance mu). Saya tidak menggunakan istilah kaki kanan atau kiri karena ada yang memakai stance orthodox dan ada yang memakai stance south paw, tergantung pada kidal atau tidaknya orang tersebut.

Penggunaan low kick juga dipengaruhi oleh faktor jenis stance mu dan stance lawanmu, apakah sama-sama orthodox atau sama-sama south paw ATAU orthodox vs south paw. Baik penggunaan kaki dominan atau non dominan dan arah serangan dengan sasaran bagian dalam atau luar kaki akan dipengaruhi oleh faktor tersebut.

Lead Leg Low Kick

Low kick yang dilakukan menggunakan kaki non dominan, biasanya lebih mengandalkan kecepatan dibandingkan tenaga.

Posisi kaki non dominan yang berada di depan memang lebih dekat jaraknya ke lawan sehingga akan lebih cepat menjangkau saat menyerang, juga bisa lebih cepat kembali ke posisi awal atau ditempatkan pada posisi untuk melakukan serangan berikutnya.

Sering digunakan untuk menyerang pada satu titik berulang kali dengan tujuan melemahkan kaki lawan dan pada akhirnya menjatuhkan lawan atau mengalihkan perhatian lawan sebagai bagian dari kombinasi serangan lain yang (biasanya akan) ditujukan ke tubuh bagian atas.

Bagaimanapun, seperti halnya dengan teknik pukulan jab, sangat mungkin melatih lead leg low kick yang tidak hanya cepat tetapi juga kuat dan bertenaga.

Time needed: 1 hour.

Cara melakukan lead leg low kick untuk pemula:

  1. Langkah pertama

    Berdiri dengan melakukan stance menghadapi sasaran.

  2. Langkah kedua

    Serongkan kaki belakang ke arah luar sambil menekuk sedikit lutut kaki belakang, tumpukan berat badanmu pada kaki belakang.

  3. Langkah ketiga

    Angkat kaki depanmu langsung dari pinggang (bukan mengangkat dengan menekuk lutut lebih dulu) dan putar pinggangmu sehingga tulang keringmu menghadap ke dan bertemu dengan sasaran sambil memindahkan berat badanmu pada tenaga tendanganmu.
    Bagian atas tubuhmu menghadap serong 45° dari posisi awal dan tidak menekuk ke arah lawan di bagian pinggang yang menyebabkan posisi kepalamu dekat dengan lawan.

  4. Langkah keempat

    Posisi tangan pada sisi kaki yang melakukan tendangan adalah lurus ke arah lawan dengan bahu sedikit diangkat sehingga menutupi dagu sedangkan tangan yang satu lagi tetap pada posisi melindungi sisi lain dari bagian samping kepalamu, glovemu harus menempel pada pelipismu.

    bagwork bisa memperkuat tulang kering

Langkah-langkah untuk melatih low kick menggunakan kaki dominan, yang saat stance biasanya berada di posisi belakang, ada pada artikel REAR LEG LOW KICK.

Rekomendasi artikel: CARA MELAKUKAN SUPERMAN PUNCH

KECEPATAN, KEKUATAN, DAN KESEIMBANGAN

Kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh merupakan hal penting dalam melatih dan menggunakan tendangan, termasuk low kick. Kamu bisa melakukan latihan untuk menambah/memperbaiki kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.

SASARAN LOW KICK

Pada umumnya, sasaran low kick adalah bagian luar depan dan samping luar kaki lawan karena merupakan bagian kaki yang paling terbuka untuk diserang. Bagaimanapun, tidak menutup kemungkinan menggunakan low kick untuk menyerang sasaran bagian belakang atau bagian dalam kaki lawan.

Baik menggunakan kaki dominan maupun non dominan, inilah sasaran low kickmu.

Bagian luar:

Kaki bagian luar depan dan luar samping yang diserang meliputi otot quadriceps (paha), ligamen pada samping luar lutut, dan otot tibialis anterior pada tulang kaki bagian bawah.

Anterior view of the muscles of the human leg.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle#/media/1/485918/121602
An anterior view of human leg muscles, showing the rectus femoris muscle (bipennate fibred muscle), the extensor digitorum longus (unipennate fibred muscle), and the tibialis anterior muscle (parallel fibred muscle).
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle#/media/1/485918/47651

Rekomendasi artikel: DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)

Bagian dalam:

Bagian belakang atau dalam otot paha, betis, dan lutut merupakan target utama low kick yang diarahkan ke bagian dalam kaki karena bagian-bagian tersebut merupakan sasaran yang cukup ’empuk’. Bisa juga diarahkan ke pergelangan kaki bagian dalam (malleolus).

Posterior view of the right leg, showing the muscles of the hip, thigh, and lower leg.
Encyclopædia Britannica, Inc.
(n.d.). Retrieved from https://www.britannica.com/science/gastrocnemius-muscle#/media/1/226747/101369

Dengan mengetahui otot-otot yang merupakan sasaran low kick, kamu bisa lebih efektif dalam berlatih.

Kamu bisa menonton video ini sebagai referensi penggunaan dan sasaran low kick:

MEMPERKUAT OTOT KAKI DAN TULANG KERING

Memperkuat otot kaki dan tulang kering adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang yang berlatih Muay Thai.

Kamu bisa membaca mengenai hal ini pada artikel kami: MEMPERKUAT OTOT KAKI DAN TULANG KERING

Demikianlah cara melatih low kick untuk pemula dari kami. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu.

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya dan pengalaman pribadi penulis sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

  1. Pengalaman pribadi penulis
  2. Internal Bumi Muay Thai
  3. https://evolve-vacation.com/blog/a-guide-to-muay-thai-low-kicks/
  4. https://www.britannica.com/science/quadriceps-femoris-muscle
  5. https://www.britannica.com/science/leg-anatomy
  6. https://www.britannica.com/science/gastrocnemius-muscle
  7. Sciatic nerve, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Sciatic_nerve&oldid=941978357 (last visited Mar. 4, 2020).
About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

ADVERTISEMENT

Artikel Terbaru

YouTube Bumi Muay Thai