Whatever your intentions to train, keep doing the right techniques as taught by your trainer.

Pongchai

Saat berlatih low kick, ada beberapa kesalahan yang sangat umum terjadi. Biasanya pemula yang melakukannya, tetapi terkadang yang sudah lama latihan pun masih melakukan kesalahan saat berlatih low kick.

Melakukan kesalahan pada saat latihan memang hal yang biasa dan manusiawi. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kesalahan tersebut mengakibatkan cidera yang cukup parah, baik untuk diri sendiri maupun partner latihan kita.

Rekomendasi artikel: TIPS LOW KICK UNTUK PEMULA

KESALAHAN YANG UMUM DILAKUKAN OLEH PEMULA SAAT BERLATIH LOW KICK

Melakukan kesalahan pada saat latihan low kick itu wajar apalagi untuk seorang pemula. Bagaimanapun kamu harus mengetahui kesalahanmu dalam berlatih untuk bisa memperbaikinya.

Beberapa kesalahan yang sangat umum terjadi pada pemula saat berlatih low kick:

Arah dan posisi

  • Tidak menggunakan sisi depan kaki bagian bawah (daerah tulang kering) sebagai ‘mata kapak’ tendangan. Biasanya ini terjadi karena kamu tidak memutar pinggang secara penuh dengan benar.
  • Posisi tangan salah, sehingga tidak seimbang saat melakukan low kick atau tidak melindungi dari kemungkinan serangan balik. Posisi tangan yang salah ini juga bisa menghambat putaran pinggang.
  • Posisi tubuh tidak menghadap serong 45° saat menendang. Ini karena kamu tidak menyerongkan kaki tumpuanmu.
  • Satu lagi mengenai posisi tubuh yaitu menekuk di bagian pinggang sehingga kepalamu mendekati arah lawan. Hal ini akan membuat posisimu rentan akan serangan balik.

Stance dan footwork

  • Berdiri dengan stance yang salah (misalnya kaki terlalu sejajar ke belakang atau ke samping), bisa mengakibatkan kamu sulit untuk melakukan teknik low kick (dan teknik apapun) dengan benar.
  • Tidak kembali ke posisi stance semula setelah melakukan tendangan.
  • Tidak belajar melakukan putaran penuh saat melakukan low kick saat sudah mulai lancar. Jika kamu tidak kembali menghadap ke arah lawan sesuai posisi stance awal, kamu memberi kesempatan pada lawanmu untuk menyerang bagian samping atau belakang tubuhmu yang terbuka.
kesalahan saat berlatih low kick
Ilustrasi berlatih low kick

KESALAHAN TEKNIS LAINNYA SAAT MELAKUKAN LOW KICK

  • Putaran pinggang tidak optimal sehingga tenaga low kick hanya berasal dari hentakan kaki saja tanpa ada dorongan dari pinggang. Selain itu arah tendangan juga akan terpengaruh. Saya menyebutnya dengan ‘pinggang terkunci’. Untuk mengatasinya, lakukan stretching untuk melenturkan putaran pinggang.
  • Saat melakukan tendangan, ujung jari kaki yang menendang tidak diluruskan dan posisi pergelangan kaki terlalu menekuk. Hati-hati jika kamu terus melakukan ini, kemungkinan kamu akan mematahkan tulang jari kakimu.
  • Hal kecil tapi lumayan fatal, melihat ke arah sasaran sesaat sebelum melakukan low kick. Ini seperti memberitahu lawanmu apa gerakanmu selanjutnya. Berlatihlah sampai kamu tidak perlu melihat dulu ke arah sasaran sebelum melakukan serangan menggunakan teknik apapun.
  • Lupa bernafas. Terkadang kita tanpa sadar menahan nafas saat melakukan serangan. Menahan nafas saat melakukan serangan akan melemahkan kekuatan serangan tersebut dan membuat kita cepat merasa lelah. Buanglah nafas melalui hidung pada saat melakukan serangan.

Jangan bosan apalagi kesal jika pelatihmu berulang kali memperbaiki detail gerakan teknik low kick yang kamu lakukan, justru itu pertanda bagus yang artinya pelatihmu benar-benar memperhatikanmu.

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari sumber-sumber terpercaya sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai

About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

Leave a Reply

Artikel Terbaru

ADVERTISEMENT

YouTube Bumi Muay Thai