Setelah mengikuti proses latihan Muay Thai mulai dari warm up, stretching, dan latihan inti, lalu apalagi yang kurang? Proses pendinginan atau cool down adalah proses yang wajib menjadi penutup setelah sesi latihan Muay Thai. Proses cool down adalah bagian dimana kita akan, secara bertahap, menormalkan kembali rata-rata detak jantung kita dan dengan demikian akan menurunkan suhu tubuh kita juga.

Fungsi lain melakukan cool down adalah menghilangkan sebagian besar asam laktat yang menumpuk dalam darah dan otot yang digunakan pada saat latihan Muay Thai. Penumpukan asam laktat adalah hal yang alami terjadi pada saat latihan fisik yang berat dan melelahkan, jika dibiarkan bisa menimbulkan kemungkinan untuk terjadi kejang otot. Pada level akut, penumpukan asam laktat juga bisa menyebabkan terjadinya robekan mikroskopis pada otot.

Rekomendasi artikel: 10 ALASAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI SEKARANG

Rekomendasi artikel: MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

Di Bumi Muay Thai, cool down atau pendinginan setelah latihan Muay Thai biasanya terdiri atas 2 bagian:

Stretching statis

cool down setelah muay thai - static stretching

Gerakan stretching statis mencakup untuk seluruh grup otot utama, dan dilakukan dengan berpasangan dari gerakan awal sampai akhir baru bergantian. Tujuan stretching statis ini adalah sebagai ‘pelemasan’ atau untuk membuat otot rileks. Dengan demikian akan membantu untuk mengurangi efek samping dari sakit otot yang mungkin akan dialami oleh member.

Salah seorang member baru kami bahkan mengakui stretching statis ini membuatnya lebih mudah melewati DOMS (delayed onset muscle soreness) yang biasa dialami oleh mereka yang baru pertama melakukan latihan fisik berat. Ia juga melakukan stretching ini setiap hari di rumah untuk kembali melemaskan ototnya. Hasilnya ia hanya merasakan efek DOMS selama 2 hari.

Contoh gerakan stretching statis adalah menyentuh ujung jari kaki dari posisi berdiri atau duduk, melakukan stretching bahu, butterfly stretch, dan beberapa gerakan lain. Semua posisi stretching ditahan selama minimal 10 detik dengan bantuan pasangan latihan.

Rekomendasi artikel: STRETCHING UNTUK MUAY THAI

Meditasi

cool down setelah muay thai - meditasi

Meditasi yang kami lakukan tidak menggunakan ‘mantra’ apapun dan berfokus pada nafas. Tujuan meditasi adalah:

Mengatur nafas

Cukup dengan menyamakan hitungan waktu yang diperlukan untuk tarik nafas sampai paru-paru terasa penuh dengan yang diperlukan untuk buang nafas sampai paru-paru terasa kosong. Ini adalah salah satu cara untuk menormalkan nafas. Menarik dan membuang nafas harus dilakukan lewat hidung, tidak boleh lewat mulut.

Menurunkan rata-rata detak jantung sambil menenangkan tubuh dan pikiran

Dengan mengatur nafas, rata-rata detak jantung akan berangsung-angsur kembali normal. Tubuh dan pikiranpun akan tenang.

Belajar pengendalian diri

Pada saat kita dalam kondisi lelah, biasanya hal yang paling ingin langsung kita lakukan adalah istirahat. Padahal jika kita baru saja selesai latihan fisik berat (baca: latihan Muay Thai), langsung beristirahat tanpa melakukan hal lain bukanlah hal terbaik untuk tubuh kita karena otot yang tadinya bekerja keras secara tiba-tiba berhenti dan detak jantung pun akan turun secara drastis. Tubuh kita bisa kacau jadinya. Dengan melakukan meditasi di saat kita sangat ingin istirahat tanpa melakukan apapun lagi, akan membuat kita belajar mengendalikan diri dari sisi fisik dan mental.

Jadi meditasi juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk melengkapi proses cool down setelah latihan Muay Thai.

Jangan lupa untuk minum air dalam jumlah cukup untuk menghindari dehidrasi.

Rekomendasi artikel: Why Does Lactic Acid Build Up in Muscles? And Why Does It Cause Soreness?

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kamu jadi menyadari pentingnya melakukan cool down untuk menutup sesi latihan Muay Thai. Apapun olahraga yang kamu lakukan, sebaiknya tidak melewatkan proses cool down setelahnya demi kebaikanmu sendiri.

Rekomendasi artikel: WARM UP UNTUK MUAY THAI

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan sumber-sumber terpercaya dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat secara medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, selalu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat.

REFERENSI

  1. http://web.mit.edu/tkd/stretch/stretching_toc.html#SEC47
  2. https://www.wikihow.com/Reduce-Lactic-Acid-Build-up-in-Muscles
  3. Internal Bumi Muay Thai
About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

ADVERTISEMENT

Artikel Terbaru

YouTube Bumi Muay Thai