Melatih dan memperbaiki kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh perlu dilakukan secara rutin karena akan memberikan pengaruh yang signifikan pada latihan Muay Thai yang kita jalani. Seluruh teknik Muay Thai memerlukan kekuatan, kecepatan, keseimbangan atau bahkan ketiganya, termasuk untuk dapat melakukan teknik tendangan, misalnya low kick. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh saat melakukan tendangan.

Lima cara ini bisa juga bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan alat khusus.

GERAKAN UNTUK MEMPERBAIKI KEKUATAN, KECEPATAN, DAN KESEIMBANGAN TENDANGAN

Kunci dari melakukan tendangan dengan teknik yang benar tidak terlepas dari faktor kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh. Kenyataannya, hal-hal tersebut tidak hanya berpengaruh untuk tendangan, melainkan juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan teknik-teknik Muay Thai secara keseluruhan.

Time needed: 5 minutes.

5 bentuk latihan ini hanya memerlukan waktu 5 menit dan juga bisa dilakukan di rumah:

  1. Squat to knee

    1 set, 20 repetisi.exercise 1 squat to knee

  2. Long lunges

    1 set, 20 repetisiexercise 2 long lunges

  3. Limp bird

    1 set, 20 repetisi (10 kaki kanan, 10 kaki kiri)exercise 3 limp bird

  4. The catapult

    1 set, 10 repetisiexercise 4 to improve strength, speed, and balance of your kick is the catapult

  5. Laying kicks

    1 set, 20 repetisi (kanan dan kiri)exercise  to improve your strength, speed, and balance of your kicking power is laying kicks

Hanya butuh waktu 5 menit saja untuk melakukan kelima bentuk latihan tersebut masing-masing sebanyak 1 set. Untuk hasil yang baik, lakukan masing-masing bentuk sebanyak 3 set dalam sehari dan minimal 3 kali dalam seminggu. Bagi yang sudah terbiasa latihan fisik, bisa dilakukan sekaligus masing-masing bentuk sebanyak 3 set per hari atau menambah jumlah set. Untuk pemula, 3 set per hari bisa dibagi menjadi 3 kali dalam sehari. Tidak perlu memaksakan diri yang bisa menyebabkan cidera atau overtraining.

VIDEO MEMPERBAIKI KEKUATAN, KECEPATAN, DAN KESEIMBANGAN TENDANGAN

Untuk lebih jelasnya, 5 bentuk latihan tersebut bisa kamu lihat pada video berikut ini:

PERINGATAN! Selalu lakukan latihan di bawah pengawasan pelatihmu untuk meminimalisir cidera, terutama jika kamu benar-benar seorang pemula.

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi dari pelatih di Bumi Muay Thai sebagai bentuk edukasi serta bukan sebagai pengganti latihan dengan pelatih profesional. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau tenaga medis profesional sebelum melakukan latihan fisik berat, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

Internal Bumi Muay Thai

About the author

Muay Thai and Kickboxing practitioner since 1997, having great interests in other martial arts and aspects that come with learning martial arts, such as nutrition and health-related topics. If you like this article, please consider supporting me via PayPal.me/DewiShanty

Leave a Reply

Artikel Terbaru

ADVERTISEMENT

YouTube Bumi Muay Thai