Hai! Masih ragu untuk mulai latihan Muay Thai? Kami akan memberimu 10 alasan yang akan menjadi penyebab kamu ingin mulai latihan Muay Thai sekarang.

Jika kamu menunggu sampai saat kamu merasa siap, kamu tidak akan memulai apapun.

Berikut 10 alasan untuk mulai latihan Muay Thai sekarang:

1> Memperkuat fisik dan mental

Otot yang lemah akan membuat sendi dan tulang melakukan pekerjaan ekstra dan pada akhirnya akan cepat mengalami degradasi.

Muay Thai akan membuatmu menggerakkan seluruh otot yang ada pada tubuhmu sehingga memberimu otot tubuh yang kuat yang sangat berguna untuk kesehatan sendi dan tulang.

Setelah rutin latihan, tubuhmu akan menyesuaikan diri dan kamu akan merasakan rasa penasaran untuk melakukan latihan yang lebih intensif lagi. Dengan kombinasi HIIT, Cardio, dan Body-weight training, akan membuat metabolisme tubuhmu semakin baik.

Otot yang terlatih juga akan memiliki massa otot yang lebih besar, jadi jika kamu ingin menaikkan berat badan juga bisa dilakukan dengan berlatih Muay Thai. Latihan Muay Thai juga memperkuat otot core-mu, yaitu setiap otot yang terhubung dengan tulang belakang dan panggul (bukan hanya otot perut atau six pack). Otot core (otot inti) termasuk juga pelvic floor muscle yang berhubungan erat dengan masalah kesehatan organ reproduksi.

mulai latihan muay thai bagus untuk core

Rekomendasi artikel: WARM UP UNTUK MUAY THAI

2> Latihan terbaik untuk menurunkan kadar lemak tubuh

Tahukah kamu, jika kamu menjalani latihan Muay Thai selama 2 jam dan kamu melakukan SEMUA gerakan sesuai yang diajarkan oleh pelatih, kamu membakar kurang lebih 1500 kalori?

DAN tahukah kamu bahwa jika kamu berlatih Muay Thai, kadar lemak tubuhmu akan menurun? Yang dimaksud dengan lemak tubuh disini bukan hanya subcutaneous fat (lemak di bawah kulit) tetapi juga lemak yang menempel pada organ dalam tubuh atau sering juga disebut ‘visceral fat‘.

Jika kamu memiliki masalah kelebihan berat badan, berlatih Muay Thai sangat cocok untuk mengatasi masalahmu. Kombinasi latihan Muay Thai dan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat akan mempercepat penurunan kadar lemak tubuhmu.

Perlu diketahui, tidak hanya orang dengan kelebihan berat badan yang memiliki kadar lemak tubuh tinggi, orang dengan berat badan normal pun bisa saja memiliki kadar lemak tubuh tinggi.

mulai latihan muay thai untuk fat loss

Kamu bisa mengetahui bagaimana menghitung kadar lemak tubuhmu melalui artikel: WEIGHT LOSS VS FAT LOSS

3> Menyehatkan sistem kardiovaskular

Sesuai penjelasan pada poin nomor 1 dan 2 di atas, berlatih Muay Thai akan mengikis lemak tubuh termasuk yang menempel pada bagian dalam pembuluh darah jantung. Dengan demikian, jantung tidak akan bekerja ekstra keras sepanjang waktu untuk memompa darah dan menjadi lebih sehat. Sekali lagi, pola makan dan pola hidup yang kamu jalani akan memberikan pengaruh yang besar juga pada kondisi kesehatanmu.

Rekomendasi artikel: COOL DOWN SETELAH MUAY THAI

Rekomendasi artikel: STRETCHING UNTUK MUAY THAI

4> Mendapatkan teman baru

Baik kamu tipe orang ekstrovert ataupun introvert, memulai latihan Muay Thai pasti akan membuatmu memiliki teman baru. Jangan takut dijauhi oleh member lama karena kamu member baru. Cobalah tersenyum dan menyapa lebih dulu, atau mungkin juga pelatihmu atau member lama yang akan menyapamu terlebih dahulu.

Dengan lingkungan dan teman baru, akan memberimu wawasan yang lebih luas, tidak hanya dalam hal yang berkaitan dengan Muay Thai atau beladiri tetapi juga untuk hal-hal lain. Pastinya, pada satu titik tertentu, akan menguntungkan untuk memiliki jaringan pertemanan baru.

5> Merupakan ‘obat mujarab’ untuk stress dan sulit tidur

Kamu pasti sudah tahu ini : Hidup itu tidak selamanya terasa adil dan sempurna. Kamu mungkin saja kesal dengan seseorang atau akan sesuatu hal dalam hidupmu.

Daripada kamu melampiaskan kekesalanmu dengan cara negatif dan akhirnya bisa berakibat buruk, akan lebih bermanfaat dan jauh lebih menyenangkan jika kamu melampiaskan kekesalanmu dengan berlatih Muay Thai. Kamu bisa menyerang heavy bag sepuasnya, bahkan kamu bisa melakukannya sambil membayangkan wajah seseorang atau sesuatu hal yang membuatmu kesal. Kamu tidak akan terkena pasal pidana tentang tindak kekerasan, kan?

Berlatih Muay Thai juga akan memacu otakmu mengeluarkan hormon endorphin yaitu hormon ‘rasa bahagia’. Maka jangan heran nantinya kalau kamu merasa lebih bahagia setelah mulai latihan Muay Thai secara rutin.

Setelah lelah berlatih, kamu akan lebih mudah tidur pada malam hari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidur malam yang berkualitas juga akan membantu metabolisme tubuhmu membakar lemak.

Rekomendasi artikel: TIPS PALING UTAMA UNTUK FAT LOSS

6> Beladiri yang cocok untuk semua orang

Muay Thai memiliki teknik yang sederhana tetapi efektif. Tidak ada yang perlu dihafalkan dalam latihan Muay Thai. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dari pelatih dan melakukannya, pelatihmu akan memberi penjelasan mengenai gerakan tersebut.

Pada akhirnya, setelah rutin berlatih, kamu dan ototmu akan mengingat dan memahami gerakan-gerakan teknik Muay Thai yang diajarkan. Di awal latihan biasanya hanya akan diajarkan 2 atau 3 teknik dasar yang dilakukan berulang-ulang pada sesi latihan tersebut. Sangat tidak mungkin saat awal berlatih Muay Thai tiba-tiba kamu diharuskan untuk sparring. Bahkan pelatih bisa saja menahan walaupun kamu ingin melakukan sparring jika ia melihat kamu belum siap untuk itu.

Semua gerakan Muay Thai akan memperkuat seluruh bagian tubuhmu dan menjadikanmu lebih bugar, lebih sehat, lebih bertenaga untuk menjalani hari-harimu. Karenanya Muay Thai adalah beladiri yang cocok untuk tua, muda bahkan anak-anak sekalipun. Bahkan di negara asalnya, Thailand, seseorang mulai berlatih Muay Thai pada usia sedini 5 tahun.

mulai latihan muay thai sejak dini

7> Memberi dasar beladiri stand-up yang sangat bagus untuk MMA

Muay Thai diakui dunia sebagai beladiri menyerang yang paling efektif dan memiliki sejarah selama ratusan tahun. Sudah dibuktikan pada berbagai kompetisi, peperangan, maupun pada situasi lainnya. Cepat, efektif, dan kuat. Memiliki teknik yang lengkap dan membuatmu mampu menggunakan tubuhmu sebagai senjatamu serta mencakup jarak serangan tendangan, pukulan maupun clinch.

Inilah yang membuat Muay Thai merupakan beladiri yang sangat bagus sebagai pondasi atlet untuk mengikuti pertandingan MMA yang sedang naik daun dan berkembang pesat saat ini. Terbukti dengan sangat banyaknya atlet-atlet MMA profesional yang berlatih Muay Thai.

Rekomendasi artikel: PERSIAPAN UNTUK MULAI LATIHAN MUAY THAI

8> Membangun kepercayaan diri

Setelah rutin berlatih Muay Thai, kamu nantinya akan mendorong diri sendiri untuk mampu melakukan teknik dengan lebih baik. Semua pengulangan teknik yang membuatmu lelah justru malah akan membuatmu semakin bersemangat untuk bisa melakukan dengan lebih baik dan lebih baik lagi. Dan kamu akan menyadari kepercayaan dirimu meningkat. Selain menjadi lebih sehat, bentuk tubuh dan postur tubuhmu akan menjadi lebih baik. Hal ini secara psikologis akan membuatmu menjadi lebih percaya diri dan melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang lebih positif.

Rekomendasi artikel: PERTANYAAN SEPUTAR FAT LOSS

9> Meningkatkan keberanian

Berlatih Muay Thai secara otomatis akan mengeluarkanmu dari ‘zona nyaman’. Berlatih Muay Thai membuatmu mengenal dan mempelajari sesuatu hal baru yang menantang mental dan fisikmu. Muay Thai membuatmu mampu mengukur sampai sejauh mana kemampuan tubuhmu dan mendorong batas kemampuanmu itu lebih jauh lagi. Ini akan membuatmu mampu mengambil resiko dan lebih berani menghadapi tantangan lain dalam setiap aspek kehidupanmu.

10> Mengajarkanmu banyak hal positif lainnya

Muay Thai adalah beladiri yang keras dan mungkin terlihat kejam bagi banyak orang yang menonton pertandingan Muay Thai. Tetapi ada sisi lain dari Muay Thai yang hanya bisa diketahui oleh orang-orang yang mempelajarinya. Yaitu Muay Thai mengajarimu untuk tetap tenang pada situasi genting dan sulit, mampu mengontrol emosi dan perasaan, menghormati orang lain bahkan kepada lawan/musuh sekalipun, rendah hati, disiplin, integritas dan hal-hal positif lainnya.

Dengan semua manfaat tersebut yang bisa kamu raih hanya dengan berlatih satu beladiri, masa kamu masih ragu untuk mulai latihan Muay Thai sekarang? Atau kamu bingung cari tempat latihan Muay Thai?

Baca artikel kami MENGAPA LATIHAN DI BUMI MUAY THAI?

Daftar dan dapatkan 10 manfaat jika kamu mulai latihan Muay Thai sekarang

Register Now

DISCLAIMER

Artikel ini disusun berdasarkan referensi yang terpercaya. Isi artikel bukan merupakan nasihat secara medis. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat-obatan atau supplement dan sebelum melakukan latihan fisik bagi yang memiliki masalah kesehatan.

REFERENSI

Berbagai artikel dari laman Evolve MMA, breakingmuscle, kombatarts dan sumber penelitian di website NCBI.

About the author

Seorang praktisi dan penggemar olahraga beladiri yang juga merupakan ibu dari 5 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, dan 8 kucing. Beladiri pertama yang dipelajari adalah Tae Kwon Do selama 1 tahun. Kemudian mempelajari Kickboxing dan Muay Thai di Kickboxing Indonesia di Bandung sejak 1997. Belajar beberapa teknik Japanese Traditional Jujutsu dan self-defense dari sang suami yang juga merupakan seorang pebeladiri.

Related Posts

12 Responses

Leave a Reply

WhatsApp chat